Kompas.com - 22/10/2021, 19:00 WIB
Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra saat menyerahkan sertifikat di Desa Tigajuhar, Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Dok. Kementerian ATR/BPN.Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra saat menyerahkan sertifikat di Desa Tigajuhar, Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Deli Serdang menerbitkan 208 bidang sertifikat melalui konsolidasi tanah di Desa Tigajuhar, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Dari jumlah bidang sertifikat tanah itu, 10 di antaranya telah diserahkan kepada masyarakat di Desa Tigajuhar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra mengakui pelaksanaan konsolidasi tanah memang mudah diucapkan, namun sulit dikerjakan.

Karena, dibutuhkan koordinasi kuat, mulai dari pemangku kepentingan terkait, serta masyarakat yang menjadi bagian dari subyek kegiatan itu.

"Kan awalnya pasti diajak bicara dulu sama Pemerintah Daerah (Pemda) setempat juga jajaran BPN di sini, harus dijelaskan dulu peruntukkannya berapa, dipotong berapa (luas tanah)," " tuturnya dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN, Jumat (22/10/2021).

Menurutnya, dengan kebesaran hati dari masyarakat di Desa Tigajuhar, tanahya kemudian bisa ditata agar memiliki akses. 

Baca juga: Animo Rendah, Masyarakat Ogah Ambil Sertifikat Tanah yang Telah Terbit

Melalui konsolidasi ini, menurut Surya, nilai tanah di desa itu bisa meningkat karena telah memiliki akses menuju bidang utamanya.

"Walaupun luas tanahnya turun, nilainya bertambah karena adanya akses dan ini diberikan oleh masyarakat sendiri," sambung Surya.

Dia mengakui, nilai tanah itu bersifat relatif, namun semata-mata tergantung apakah bisa diakses atau tidak.

"Kelebihan dalam program konsolidasi tanah yang dilakukan di sini, rasanya (menjadi) salah satu yang pertama kali dilakukan Kementerian ATR/BPN," katanya lagi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.