Kompas.com - 20/10/2021, 18:30 WIB
Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil Kementerian ATR/BPNMenteri ATR/BPN Sofyan Djalil

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil menegaskan, tujuan bank tanah bukanlah memiliki tanah tersebut, melainkan untuk kemakmuran masyarakat.

"Tujuannya adalah membawa kesejahteraan kepada negara, kepada masyarakat," terang Sofyan dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN, Rabu (20/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nantinya, bank tanah akan mengatur tanah demi mencapai tujuan kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat sebagaimana amanat konstitusi.

Sofyan mengatakan, dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, peran bank tanah sangat jelas dalam memberikan kemakmuran masyarakat.

Oleh karena itu, pembentukan badan bank tanah merupakan salah satu langkah strategis untuk memperbaiki kelembagaan pertanahan di Indonesia.

Berdasarkan peraturan yang ada, kata Sofyan, BPN selama ini menjadi land regulator (pengatur tanah).

Baca juga: Pembentukan Bank Tanah Masuk Tahap Final

Oleh karena itu, badan bank tanah diharapkan mampu menjalankan fungsi sebagai land manager (pengelola tanah) negara.

"Bank tanah ini harusnya melengkapi lembaga BPN, ditambah kewenangannya. Maka, dibentuk untuk menjadi land keeper, land manager," tambahnya.

Jadi, semua tanah ditata untuk kepentingan orang banyak, kepentingan sosial, Reforma Agraria, dan lain-lain itu yang dikelola oleh bank tanah.

Saat ini, Rancangan Peraturan Presiden (Raperpres) tengah dilakukan sesuai komitmen pemerintah agar badan bank tanah bisa segera bekerja pada tahun depan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.