Kompas.com - 20/10/2021, 09:00 WIB
Wali Kota (Walkot) Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) menaiki taksi online untuk berangkat kerja dalam rangka hari pertama pemberlakukan Hari Transportasi Umum di Kota Semarang pada Selasa (8/6/2021). DOK. Humas Pemerintah Kota SemarangWali Kota (Walkot) Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) menaiki taksi online untuk berangkat kerja dalam rangka hari pertama pemberlakukan Hari Transportasi Umum di Kota Semarang pada Selasa (8/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemrintah akhirnya mengizinkan transportasi umum untuk beroperasi dengan kapasitas maksimal 100 persen untuk wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 dan 2 di Jawa dan Bali.

Hal itu seiring dengan perpanjangan kebijakan (PPKM) di Jawa dan Bali selama 14 hari yaitu mulai 19 Oktober sampai 1 November 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aturan perpanjangan PPKM di Jawa dan Bali tertuang dalam Instruksi Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Baca juga: Integrasi Tarif Transportasi, Penumpang Bisa Bayar Tiket Berbasis Akun

Adapun berikut aturan terkait operasional transportasi umum di masa PPKM:

1. Level 1 dan 2: Transportasi umum (kendaraan umum, angkutan masal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental) diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 70 persen dan 100 persen untuk pesawat terbang dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

2. Level 3 : Transportasi umum (kendaraan umum, angkutan masal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental) diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 70 persen dan 100 persen untuk pesawat terbang dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Selanjutnya, pelaku perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi jarak jauh seperti pesawat udara, bis, kapal laut dan kereta harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama)

2. Menunjukkan PCR (H-2) untuk pesawat udara serta Antigen (H-1) untuk moda transportasi mobil pribadi, sepeda motor, bis, kereta api dan kapal laut

3. Tetap memakai masker dengan benar dan konsisten saat melaksanakan kegiatan diluar
rumah serta tidak diizinkan penggunaan face shield tanpa menggunakan masker

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.