Kompas.com - 18/10/2021, 20:00 WIB
Pembangunan Jalan Geumpang?Pameu untuk menyambung missing link pada ruas jalan nasional di lintas tengah Provinsi Aceh. Ditjen Bina Marga Kementerian PUPRPembangunan Jalan Geumpang?Pameu untuk menyambung missing link pada ruas jalan nasional di lintas tengah Provinsi Aceh.

JAKARTA, KOMPAS.com - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Aceh tengah membangun Jalan Geumpang–Pameu untuk menyambung missing link pada ruas jalan nasional di lintas tengah Provinsi Aceh.

Pembangunan jalan ini untuk membuka akses bagi desa yang terisolir di Aceh Tengah yakni Desa Meurandeh Paya, Kec. Rusip Antara dan Desa Paya Tampu, Kec. Rusip Antara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, jalan sepanjang 59,6 kilometer ini akan memperpendek jarak tempuh dari Kabupaten Pidie ke Kabupaten Aceh Tengah.

Baca juga: Berikut Sederet Proyek Infrastruktur yang Dibangun Pemerintah di Aceh

Kepala BPJN Aceh Elvi Roza mengatakan, saat ini jarak tempuh dari Kabupaten Pidie ke Kabupaten Aceh Tengah harus memutar melalui lintas tengah kurang lebih sejauh 345 kilometer.

"Dengan adanya pembangunan jalan Geumpang-Pameu, jarak tempuh menjadi 59,6 kilometer. Jadi, jalan ini dapat memperpendek jarak 285,4 kilometer," katanya dikutip dari laman Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Senin (18/10/2021).

Elvi menambahkan, pembangunan jalan Geumpang–Pameu ini merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang merupakan tindak lanjut dari usulan Pemerintah Daerah.

Pembangunan jalan yang berada pada kawasan hutan lindung ini telah mendapat Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) yang merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah Daerah.

"Dalam membangun jalan, kami tetap mengedepankan asas keserasian, keselarasan, dan keseimbangan dengan tidak mengganggu fungsi pokok kawasan hutan," ujarnya.

Pengujian mutu lingkungan juga dilakukan pada awal, tengah, dan akhir pelaksanaan pekerjaan untuk penanganan dampak kegiatan jalan dalam pengelolaan lingkungan di kawasan hutan.

Baca juga: Untuk Aceh, Pemerintah Kebut Dua Proyek Irigasi Seluas 21.570 Hektar

Elvi pun mengakui bahwa terdapat beberapa tantangan yang dihadapi dalam pembangunan Jalan Geumpang–Pameu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.