Kompas.com - 18/10/2021, 19:00 WIB
Foto udara rest area KM 215 B ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang, dalam ekspedisi Merapah Trans Sumatera 2019, Rabu (28/8/2019). Ruas Jalan Tol Trans Sumatera tersebut merupakan tol terpanjang dengan total panjang 189 kilometer, pada Jumat (15/11/2019) ini resmi beroperasi. KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZESFoto udara rest area KM 215 B ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang, dalam ekspedisi Merapah Trans Sumatera 2019, Rabu (28/8/2019). Ruas Jalan Tol Trans Sumatera tersebut merupakan tol terpanjang dengan total panjang 189 kilometer, pada Jumat (15/11/2019) ini resmi beroperasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan jalan tol tidak hanya memberi manfaat soal akses mobilitas masyarakat, melainkan juga menumbuhkan perekonomian.

Hal ini dilakukan melalui penyediaan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area di jalan tol untuk mengakomodasi gerai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengembangan promosi produk lokal dan UMKM di rest area telah tertuang dalam Permen PUPR Nomor 28 Tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan Pada Jalan Tol yang mengatur fasilitas yang harus tersedia di TIP.

Sebelumnya Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, pengembangan rest area untuk fungsi promosi produk lokal dan UMKM sudah dimanfaatkan oleh investor dan sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

"Beberapa investor dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sudah memanfaatkan Permen (regulasi) ini," kata Danang kepada Kompas.com, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: 63 Ruas Tol dan 123 Rest Area Resmi Dinilai hingga 21 November

Melansir dari laman BPJT Kementerian PUPR, persentase tenant UMKM dan Non UMKM yang berada di rest area jalan tol seluruh Indonesia yakni sebanyak 76 persen UMKM dan 24 persen Non-UMKM.

Sehingga secara keseluruhan total UMKM yang sudah mendirikan gerainya di rest area terbagi menjadi sebanyak 1.409 UMKM dan 441 Non-UMKM.

Penyediaan fasilitas UMKM pada rest area dilaksanakan di sepanjang Jalan Tol di Pulau Jawa yang terdiri dari 64 TIP, di Jalan Tol Trans Sumatera sebanyak 21 TIP, dan Jalan Tol Pulau Kalimantan terdapat 1 TIP.

Teruntuk 1.409 gerai UMKM, rinciannya meliputi di wilayah Banten ada 143 UMKM. Mulai dari rest area Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Jalan Tol Pondok Aren-Serpong, dan Jalan Tol Tangerang-Merak.

Selanjutnya di wilayah Jawa Barat sebanyak 419 UMKM di rest area Jalan Tol Jagorawi, Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Cikampek-Palimanan, Jalan Tol Cikampek-Padalarang, Jalan Tol Padalarang-Cileunyi, dan Jalan Tol Palimanan-Kanci.

Baca juga: Bakal Ada Terminal Mini di Rest Area Jalan Tol, Bagaimana Realisasinya?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.