[POPULER PROPERTI] Harga Tanah di Jakarta Melambung hingga Rencana Terminal di Rest Area Tol

Kompas.com - 16/10/2021, 10:30 WIB
Peta harga nilai bidang tanah di Jakarta Tangkap Layar Materi Diskusi Indonesia Housing ForumPeta harga nilai bidang tanah di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan akan rumah masih sangat tinggi di Indonesia dan diperparah dengan melambungnya harga tanah, terutama DKI Jakarta.

Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) per 30 September 2021 menunjukkan, angka backlog perumahan mencapai tidak kurang dari 11 juta unit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara, berdasarkan data Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), terdapat peta sebaran terkait nilai bidang tanah yang digunakan untuk membangun rumah.

Misalnya, harga tanah di wilayah dengan warna hijau muda berkisar Rp 100.000-Rp 500.000 per meter persegi. Itu pun berada di wilayah pinggiran Jakarta dan luasnya sangat kecil.

Artikel ini menjadi berita terpopuler di kanal Properti Kompas.com, Sabtu (16/10/2021).

Bagaimana dengan harga tanah di wilayah hijau tua hingga coklat?

Selengkapnya bisa Anda ketahui di sini Harga Tanah Selangit, Jakarta Makin Tak Terjangkau Kelas Menengah Bawah

Kementerian PUPR sedang melakukan dialog agar pihak swasta (pengembang) dapat menggunakan tanah negara sebagai tempat penyediaan rumah bagi masyarakat.

Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Kementerian PUPR Fitrah Nur mengatakan, penyediaan rumah ini telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 1 tahun 2011, pasal 106, di mana tanah milik pemerintah dapat langsung digunakan untuk membangun perumahan.

Kenyataannya, masih banyak ditemukan kasus di berbagai tanah milik pemerintah, telah ditempati oleh masyarakat setempat selama puluhan tahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.