Kompas.com - 15/10/2021, 19:30 WIB
Jalan Tol Serpong-Cinere. Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk.Jalan Tol Serpong-Cinere.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengestimasikan, 134 Proyek Strategis Nasional (PSN) akan tuntas dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp 821,1 triliun per Desember 2021.

"Sampai Desember 2021, itu mungkin estimasinya 134 PSN yang selesai," ujar Wahyu dikutip dari laman YouTube Sonora FM, Jumat (15/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jumlah tersebut merupakan akumulasi PSN yang dibangun sejak tahun 2016 hingga Desember 2021.

Dari angka itu, akan ada tambahan 16 PSN yang selesai pekerjaannya hingga pengujung tahun ini.

Ke-16 PSN yang berpotensi selesai hingga Desember 2021 yakni Jalan Tol Manado-Bitung, Jalan Tol Cisumdawu, Jalan Tol Serpong-Cinere.

Selanjutnya, pembangunan Fly Over Dari dan Menuju Terminal Teluk Lamong, Kereta Api Akses Bandar Udara Baru Yogyakarta-Kulon Progo.

Lalu, Kawasan Industri Morowali, Kawasan Industri Weda Bay, Pembangunan Bantuan Rumah Swadaya, Bendungan Gongseng, Bendungan Pidekso, Bendungan Tugu.

Baca juga: 16 Proyek Strategis Nasional Bakal Tuntas Akhir 2021, Apa Saja?

Kemudian, Bendungan Ladongi, Bendungan Ciawi, Bendungan Sukamahi, Bendungan Marga Tiga, dan Pengembangan Lapangan Unitisasi Gas Jambaran-Tiung Biru.

Berdasarkan Permenko Nomor 7 Tahun 2021, terdapat 48 proyek dan 3 program (Super Hub, Food Estate, Jalan Exit Tol) dalam tahap penyiapan, 10 proyek dalam tahap transaksi hingga September 2021.

Pada periode Januari hingga Desember 2020, KPPIP telah mendorong 12 PSN untuk tuntas dikerjakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.