Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Tol Trans-Sumatera Bakal Ditawarkan dalam Expo 2020 Dubai

Kompas.com - 15/10/2021, 17:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan, proyek jalan tol akan ditawarkan para investor pada perhelatan Expo 2020 Dubai, salah satunya Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

"Kita akan tawarkan proyek-proyek jalan tol, karena tadi saya sampaikan ini Sumatera membutuhkan tambahan pembiayaan," ujar Wahyu dikutip dari YouTube Sonora FM, Jumat (15/10/2021).

Selain itu, Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia atau Indonesia Investment Authority (INA) akan dilibatkan terkait penawaran yang dilakukan di Dubai.

Tak hanya jalan tol, proyek sistem penyediaan air minum (SPAM), teknologi pengelolaan sampah menjadi energi, dan pelabuhan juga akan ditawarkan pada acara itu.

Baca juga: Astra Dukung Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai

"Kita akan coba tawarkan, supaya jangan hanya tergantung Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)," lanjut Wahyu.

Untuk diketahui, keikutsertaan Indonesia pada Dubai Expo 2020 merupakan kolaborasi antar-kementerian dan lembaga yang dikoordinasikan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Ini merupakan event ketiga terbesar setelah Piala Dunia dan Olimpiade, dan akan diikuti oleh 190 negara.

Expo 2020 Dubai merupakan pameran internasional untuk menyajikan pencapaian negara-negara dunia yang diselenggarakan oleh Dubai di Uni Emirat Arab.

Awalnya, acara ini dijadwalkan pada 20 Oktober 2020-10 April 2021. Namun, karena Pandemi Covid-19, Expo Dubai 2020 baru dibuka mulai 1 Oktober 2021-31 Maret 2022.

Dalam Expo tersebut ditonjolkan keberagaman potensi dan keunggulan tanah air untuk menarik potensial buyers (pembeli) dan investor dunia.

Paviliun Indonesia pun telah diresmikan oleh Mendag Muhammad Lutfi pada 1 Oktober 2021 lalu dengan mengusung konsep Creating the Future, From Indonesia to the World.

Indonesia berada di opportunity district dengan konsep Indonesia Emas 2045.

Paviliun Indonesia terdiri dari tiga lantai menempati lahan seluas 1.860 meter persegi dan luas bangunan sekitar 3.000 meter persegi.

Tema yang akan diangkat adalah keragaman potensi dan keunggulan Indonesia di bidang perdagangan, investasi, budaya, serta pariwisata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com