Kompas.com - 15/10/2021, 12:00 WIB
Jalan Tol Manado-Bitung bpjt.pu.go.idJalan Tol Manado-Bitung

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo mengatakan, Pemerintah harus mempermudah terkait perizinan dan pengadaan tanah dalam membangun infrastruktur saat Pandemi Covid-19.

"Sehingga orang luar (investor), enggak takut masuk ke sini," ujar Wahyu dikutip dari laman YouTube Sonora FM, Jumat (15/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Soal perhitungan risiko dan dampak ekonomi dari kemudahan tersebut tentunya akan lebih precise (tepat) karena semua terukur.

Jika hal itu bisa diciptakan, hal itu tentunya membuat Indonesia dapat mengejar ketertinggalan dalam pembangunan infrastruktur dari negara berkembang lainnya.

Baca juga: 6 Infrastruktur Dibangun demi Destinasi Super Prioritas Manado-Bitung-Likupang

"Jadi, kalau kita ingin maju, nah ini adalah saat yang tepat untuk manfaatkan secara bersama-sama, kita perbaiki lah ekosistemnya ya dari infrastruktur," tutup Wahyu.

Sedianya, ada 16 proyek infrastruktur yang akan tuntas pembangunannya pada akhir tahun 2021.

Seperti diketahui, dalam Permenko Nomor 7 Tahun 2021, terdapat 208 Proyek dan 10 Program PSN dengan nilai investasi sekitar Rp 5.698,5 triliun.

Ini mencakup 12 sektor pada tingkat Proyek dan 10 tingkat Program.

KPPIP mencatat, PSN yang berpotensi selesai hingga Desember 2021 yakni Jalan Tol Manado-Bitung, Jalan Tol Cisumdawu, Jalan Tol Serpong-Cinere.

Selanjutnya, pembangunan Fly Over Dari dan Menuju Terminal Teluk Lamong, Kereta Api Akses Bandar Udara Baru Yogyakarta-Kulon Progo.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.