Tak Lama Lagi, dari Bandara Lombok ke Mandalika Bisa Ditempuh 15 Menit

Kompas.com - 15/10/2021, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Jalan Utama Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan Jalan Bypass BIL dilakukan untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika sebagai destinasi pariwisata kelas dunia.

Hal ini seiring dengan rencana digelarnya Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) pada November 2021 dan MotoGP pada 2022 mendatang.

“Pembangunan jalan Bypass BIL dilaksanakan untuk mendukung kejuaraan dunia Superbike pada November 2021 dan MotoGP pada 2022,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya, Jumat (15/10/2021). 

Baca juga: Mandalika Siap Gelar HK Endurance Challenge, Diikuti Atlet 18 Negara

Jalan Bypass BIL Mandalika yang dikerjakan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat akan meningkatkan konektivitas dari Bandara BIL ke Kawasan Wisata Mandalika sekaligus mendukung akses menuju sirkuit MotoGP yang dibangun di kawasan Mandalika.

Jalan Bypass BIL dibangun dengan lebar right of way (ROW) 50 meter, 4 lajur yang dilengkapi median jalan dengan anggaran Rp 706 miliar pada tahun 2020-2021.

Dibangunnya jalan tersebut akan mengurangi waktu tempuh BIL-Mandalika yang semula lebih dari 45 menit lewat jalan lama menjadi 15 menit.

Kondisi jalan yang lama (eksisting) memutar sepanjang 23 kilometer dan lebarnya hanya 7 meter sehingga dianggap masih kurang cukup.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat Reiza Setiawan megatakan pembangunan Jalan Bypass BIL Mandalika sepanjang 17 kilometer terdiri dari 3 paket pekerjaan.

Paket I sepanjang 4,3 kilometer dengan kontraktor PT Nindya Karya-Bumi Agung (KSO) dengan anggaran sebesar Rp 199 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.