Kompas.com - 09/10/2021, 08:00 WIB
Aset Kali Besar Timur LMANAset Kali Besar Timur

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) menawarkan 11 aset negara yang dapat dikerjasamakan atau dikelola oleh para investor.

Salah satunya yaitu aset Kali Besar Timur yang merupakan gedung seluas 3.475 meter persegi dan berlokasi di Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Aset Kali Besar sepintas merupakan aset heritage, yang berupa bangunan-bangunan tua, unik, memiliki area yang laus," kata Kepala Divisi Pengembangan dan Pendayagunaan Properti I LMAN Yanuar Utomo dalam diskusi virtual LMAN Investor Gathering 2021, Jumat (08/10/2021).

Yanuar mengaku saat ini aset bangunan tua di Kali Besar Timur dalam kondisi tak terawat.

Baca juga: Ini Daftar 11 Aset Negara yang Ditawarkan kepada Investor, Ada Hotel, Tanah, hingga Kilang LNG

Banyak bagian yang rusak, langit-langit yang sudah lapuk, dinding terkelupas dan sebagian bangunan telah ditumbuhi tanaman karena lama tidak terawat.

Meski demikian, aset Kali Besar Timur memiliki potensi yang sangat besar untuk direvitalisasi dan dikembangkan menjadi kawasan komersil.

Pasalnya, aset Kali Besar Timur berada di kawasan strategis dan telah ditetapkan sebagai zona inti dalam pengembangan Kawasan Kota Tua dengan meliputi Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, dan Museum Bank Indonesia.

Akses menuju lokasi juga dapat dicapai dengan kendaraan umum seperti Transjakarta maupun kendaraan pribadi.

Baca juga: Begini Cara Mendapat Layanan Konsultasi Pengembangan Aset Negara

"Kondisi wilayah di sekitar aset terlihat tidak seramai wilayah Museum di Kota Tua karena banyaknya usaha di bidang logistik, pergudangan, serta perkantoran yang tidak dapat beroperasi akibat pandemi," jelasnya.

Di dalamnya terdapat empat bangunan tua yang lama tidak digunakan yaitu eks Gedung Bank Dagang Nasional Indonesia, eks Gedung kantor Horrison & Corssfield, eks Gedung Pryce & Co, dan satu bangunan kosong.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.