Kompas.com - 09/10/2021, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Logam merupakan salah satu material yang kerap digunakan untuk membuat pagar. Selain kuat, pagar berbahan logam menawarkan aspek estetika yang menawan.

Sayangnya, masalah utama dari pagar berbahan logam ini adalah rentan terkena karat. Karat terjadi ketika logam teroksidasi saat terkena air dan oksigen.

Namun jangan khawatir, bila saat ini pagar Anda dilapisi karat, Anda bisa membuatnya terlihat seperti baru kembali.

Hal pertama yang dilakukan adalah untuk mempersiapkan permukaan pagar agar kembali berseih sebelum melakukan pengecatan ulang.

Baca juga: Cara Memilih Pagar yang Cocok untuk Rumah Anda

Cara paling efektif untuk menghilangkan karat dan produk cat lama dari permukaan logam adalah dengan bantuan sikat kawat atau amplas.

Saat proses pembersihan, pastikan Anda menjangkau semua bagian pagar termasuk pada sisi-sisi yang sulit dijangkau.

Jika tidak dipersiapkan dengan baik sebelum dicat, karat akan kembali muncul dalam waktu yang sangat singkat.

Langkah selanjutnya adalah salah menyemprotkan seluruh permukaan pagar dengan cairan peluntur karat yang bisa di beli di toko bahan kimia.

Bila masih ada sisa karat, semprot kembali pagar Anda dengan cairan kimia tersebut. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan dan masker agar tetap aman. 

Setelah seluruh permukaan pagar bebas karat, biarkan benar-benar kering dan tidak berdebu kemudian lapisi dengan cat.

Pilihlah cat anti karat atau cat logam yang bisa tahan terhadap segala cuaca. Buat dua lapisan cat pada pagar. 

Pada lapisan pertama atau cat primer, pastikan semua lubang pada pagar bisa tertutup sempurna. Kemudian, lapisi kembali cat untuk tampilan akhir yang sempurna. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.