Waskita Akan Kembalikan Aset Tol Kuala Tanjung-Parapat kepada Hutama Karya

Kompas.com - 08/10/2021, 20:00 WIB
Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat. Dok. Kementerian PUPRJalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk akan mengembalikan aset Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat kepada PT Hutama Karya (Persero).

"Jadi, tol ini akan diakuisi oleh Hutama Karya ," jelas Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan hal ini dalam Public Expose, Jumat (8/10/2021).

Destiawan mengatakan, tol tersebut akan diakuisisi oleh Hutama Karya karena menjadi salah satu ruas dari Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Sebagaimana diketahui, Hutama Karya mendapatkan mandat untuk membangun dan mengembangkan JTTS.

Pengembalian aset jalan tol sepanjang 143,5 kilometer itu termasuk dalam program 8 stream penyehatan keuangan Waskita.

Destiawan mengakui, kondisi keuangan Waskita mengalami beban berat terkait investasi jalan tol secara bersamaan.

Baca juga: Lagi, Waskita Bakal Lepas 9 Jalan Tol, Empat Tengah Disiapkan

Sehingga, kondisi cash flow (arus kas) keuangan perusahaan menjadi berat karena harus menanggung beban utang yang sangat besar.

Waskita pun berencana untuk melakukan divestasi 13 jalan tol, di mana empat di anataranya sudah terlaksana.

Keempat jalan tol yang berhasil dilepas kepemilikan sahamnya oleh Waskita adalah Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) dan Tol Semarang-Batang, Tol Cinere-Serpong, serta terbaru yaitu Tol Cibitung-Cilincing.

Sehingga, jumlah jalan tol yang bakal didivestasi oleh Waskita tersisa sembilan ruas. Dari jumlah itu, empat di antaranya tengah disiapkan prosesnya.

Empat jalan tol tersebut adalah Tol Cimanggis-Cibitung dan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), serta Tol Trans-Jawa seperti Tol Pasuruan-Probolinggo.

Sejatinya, kata Destiawan, perseroan tetap fokus pada ruas-ruas yang dimiliki yang mana nantinya diminati oleh investor.

Oleh karena itu, Waskita memiliki kewajiban untuk menyelesaikan konstruksi dari kesembilan ruas jalan tol yang akan dilepas tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.