[POPULER PROPERTI] Jakarta Bisa Tiru Upaya Tokyo Agar Tak Tenggelam

Kompas.com - 07/10/2021, 09:30 WIB
Bangunan Underground Discharge Channel di Tokyo MLIT Edogawa River Office/Nikkei AsiaBangunan Underground Discharge Channel di Tokyo

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar terhindar dari potensi tenggelam, Jakarta bisa mencontoh Tokyo yang telah berhasil menekan laju land subsidence (penurunan muka tanah).

Menurut Balai Litbang Bangunan Hidraulik dan Geoteknik Keairan Kementerian P Pulung Arya Pranantya, Tokyo memiliki kondisi geologi yang mirip dengan Jakarta yaitu kota di delta.

Ada beberapa upaya yang dilakukan Tokyo untuk menekan penurunan muka tanah. Pertama, membangun tanggul sungai dan pantai.

Artikel ini menjadi berita terpopuler di kanal Properti Kompas.com, Kamis (7/10/2021).

Lalu, bagaimana dengan upaya lainnya yang dilakukan ibu kota negeri sakura tersebut untuk menghindari masifnya penurunan muka tanah?

Selengkapnya baca di sini Agar Tak Tenggelam, Jakarta Bisa Tiru Upaya Tokyo

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengungkapkan, pembangunan infrastruktur harus didukung oleh Project Routemap (peta rute proyek).

"Jadi Project Routemap itu merupakan panduan atau modul dalam pembangunan infrastruktur. Ini cocok diterapkan untuk proyek apa pun," ujarnya.

Diketahui, Inggris merupakan pionir yang telah menerapkan peta rute proyek dalam pembangunan infrastruktur sejak 2014.

Lantas, mengapa peta rute proyek ini perlu?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.