Kompas.com - 30/09/2021, 05:30 WIB
Dirut MITJ Tuhiyat MITJDirut MITJ Tuhiyat

JAKARTA, KOMPAS.com - Enam kawasan stasiun di Jakarta telah rampung ditata. Penataan kawasan ini merupakan bagian dari program Integrasi Transportasi Jabodetabek. 

Dari keenam kawasan tersebut empat di antaranya Stasiun Djuanda, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Sudirman merupakan penataan kawasan tahap satu yang telah diresmikan Juni 2020. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun dua kawasan lainnya yaitu Stasiun Tebet dan Palmerah merupakan bagian dari penataan kawasan tahap dua dan baru saja diresmikan hari ini, Rabu (29/9/2021).

"Hari ini kita telah meresmikan penataan dua stasiun yaitu Stasiun Tebet dan Palmerah," kata Tuhiyat dalam konferensi pers, Rabu (29/09/2021).

Baca juga: Empat Proyek Integrasi Transportasi Jabodetabek Diresmikan, Ini Daftarnya

Penataan stasiun tahap dua ini meliputi lima stasiun yaitu Stasiun Tebet, Stasiun Palmerah, Stasiun Gondangdia, Stasiun Manggarai dan Stasiun Jakarta Kota.

"Karena dua stasiun telah selesai, artinya tersisa tiga stasiun lagi yang masih terus kami lakukan penataan," ujarnya.

Hingga akhir tahun ini masih ada penataan dua stasiun lainnya yang akan diresmikan yaitu Stasiun Manggarai yang telah mencapai progres konstruksi 95 persen dan Stasiun Gondangdia 69 persen.

Sementara itu, penataan kawasan Stasiun Jakarta Kota ditargetkan rampung tahun 2022.

Gubernur Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Anies Baswedan menambahkan, penataan kawasan Stasiun Tebet dan Palmerah merupakan kebijakan untuk mewujudkan sistem transportasi antar-moda yang terintegrasi di Ibu Kota.

“Diresmikannya penataan kawasan Stasiun Tebet dan Palmerah bukan hanya sebagai batu loncatan pelayanan transportasi umum yang lebih baik, tetapi juga membuktikan bahwa Kolaborasi jika dikerjakan serius tuntas maka manfaatnya akan amat dirasakan masyarakat," kata Anies.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.