Kompas.com - 29/09/2021, 08:00 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi www.dephub.go.idMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan pembenahan sistem logistik perkotaan di Indonesia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan salah satu tujuan dari dilakukannya pembenahan sistem logistik yaitu untuk menurunkan target biaya logistik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Perlu dibentuk sistem logistik perkotaan yang lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi serta lebih ramah lingkungan," kata Budi dalam keterangan yang dikutip Kompas.com, Selasa (28/9/2021). 

Berdasarkan data Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat bahwa biaya logistik tahun 2020 di Indonesia menjadi yang termahal di kawasan ASEAN yaitu mencapai 23,5 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan dari persentase tersebut sebanyak 8,5 persen disumbangkan oleh transportasi darat.

Baca juga: Pangkas Biaya Logistik di KEK Gresik JIIPE, Pengelola Terapkan Cara Ini

"Biaya logistik di Indonesia itu masih menjadi yang termahal di ASEAN karena sistem logistik kita yang perlu dibenahi," ujarnya. 

Selain itu, saat ini pertumbuhan layanan logistik dan kendaraan barang di daerah perkotaan juga berdampak buruk bagi kondisi jalan raya dan menciptakan kemacetan lalu lintas dan juga berkontribusi pada kerusakan lingkungan perkotaan secara keseluruhan.

Permasalahan lainnya, yaitu adanya kemudahan dan manfaat yang ditawarkan melalui belanja e-commerce turut memicu dampak negatif kualitas hidup di perkotaan dengan adanya aktivitas-aktivitas logistik perkotaan. 

Misalnya tingginya mobilitas kendaraan di jalan raya perkotaan mulai angkutan motor hingga truk angkutan yang menimbulkan kemacetan lalu lintas dan juga adanya pelanggaran dimensi kendaraan angkutan barang.

Kontribusi angkutan barang terhadap memburuknya lingkungan perkotaan pun semakin nyata.

Kebisingan atau polusi suara di perkotaan juga menjadi salah satu produk sampingan dari angkutan barang yang patut mendapat perhatian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.