Kompas.com - 28/09/2021, 20:30 WIB
Proyek rehabilitasi dan modernisasi Jaringan Irigasi Rentang di Provinsi Jawa Barat Kementerian PUPRProyek rehabilitasi dan modernisasi Jaringan Irigasi Rentang di Provinsi Jawa Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek modernisasi Jaringan Irigasi Rentang diharapkan dapat meningkatkan produksi beras Kabupaten Indramayu menjadi 1,2 juta ton per tahun.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung Ismail Widadi mengatakan hal ini dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (28/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Diharapkan dengan proyek modernisasi ini, akan lebih meningkat menjadi 1,2 juta ton per tahun," tutur Ismail.

Tahun 2020, kata Ismail, Kabupaten Indramayu hanya mampu memproduksi beras sebanyak 500 ton.

Proyek modernisasi di Jawa Barat ini mengairi areal pertanian seluas 87.840 hektar di tiga kabupaten.

Ketiganya adalah Kabupaten Majalengka seluas 1.094 hektar, Kabupaten Cirebon 20.571 hektar, serta Kabupaten Indramayu 66.175 hektar dengan memanfaatkan debit Sungai Cimanuk yang besar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Jaringan Irigasi Rentang merupakan salah satu pekerjaan rehabilitasi daerah irigasi skala besar.

"Rehabilitasi Irigasi Rentang diharapkan akan meningkatkan intensitas penanaman (IP) dari 130 persen menjadi 250 persen," ujarnya.

Modernisasi perlu dilakukan karena usia sistem irigasi tersebut sudah puluhan tahun yang membuat berkurangnya kinerja pelayanan air.

Rehabilitasi Jaringan Irigasi Rentang telah dimulai sejak 2015-2018 pada Sistem Irigasi Sindupraja (intake bagian kanan).

Baca juga: Proyek Jumbo Modernisasi Irigasi Rentang Telan Rp 5,5 Triliun, Libatkan 10 Kontraktor

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.