Kompas.com - 27/09/2021, 21:00 WIB
Danau Toba di Sumatera Utara. SHUTTERSTOCK/ANDI SYAHPUTRADanau Toba di Sumatera Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Tim Penyelamatan Danau Prioritas Nasional telah memulai sinkronisasi langkah sesuai Perpres Nomor 60 Tahun 2021 terkait penyelamatan 15 danau kritis di Indonesia.

Seperti diketahui, Perpres tersebut telah ditetapkan pada Juni 2021 lalu dan sebanyak 15 danau masuk dalam Danau Prioritas Nasional (DPN).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

15 danau tersebut meliputi Danau Toba di Sumatera Utara, Danau Maninjau dan Singkarak di Sumatera Barat, Danau Kerinci di Jambi, Rawa Danau di Banten, Danau Rawa Pening di Jawa Tengah.

Baca juga: 15 Danau dalam Kondisi Sakit, Alami Tekanan dan Degradasi

Kemudian, Danau Poso di Sulawesi Tenggara, Danau Tondano di Sulawesi Utara, Danau Tempe dan Matano di Sulawesi Selatan, Danau Limboto di Gorontalo, danau Mahakam di Kalimantan Timur, Danau Sentarum di Kalimantan Barat dan Danau Sentani di Papua.

Perpres tersebut juga menerangkan, kegiatan penyelamatan 15 danau yang telah dilakukan sebelum Perpres ditetapkan, harus disesuaikan paling lama 6 bulan sejak pemberlakuannya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono selaku Ketua Harian Dewan Pengarah Tim Penyelamatan Danau Prioritas Nasional mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan tim nasional untuk penyelamatan 15 danau.

"Kelima belas danau kini sudah dalam tahap perbaikan dan revitalisasi," kata Basuki rapat koordinasi dikutip dari laman Kemenko Marves, Rabu (22/9/2021) lalu.

Baca juga: Luhut Pandjaitan Pimpin Tim Penyelamatan Danau Kritis, Ini Tugasnya

Dirjen Bina Pembangunan Daerah (Bina Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hari Nur Cahya Murni juga menyampaikan bahwa pihaknya bersama dengan Kementerian ATR/BPN akan memfasilitasi dan mengevaluasi tata ruang masing-masing danau.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengarah Tim Penyelamatan Danau Prioritas Nasional Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, arah kebijakan terkait penyelamatan Danau Prioritas Nasional (DPN) adalah mencegah dan menanggulangi kerusakan ekosistemnya.

"Memulihkan fungsi dan memelihara ekosistem DPN, serta memanfaatkan DPN dengan tetap memperhatikan kondisi dan fungsi secara berkelanjutan," ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.