Banyak Hotel di Jakarta Bangkrut, Mulai dari Kelas Budget hingga Bintang Lima

Kompas.com - 27/09/2021, 17:00 WIB
Hotel Indonesia Kempinski Jakarta menyalakan lampu-lampu kamar hingga membentuk lambang hati berukuran besar, Senin (22/4/2020). Aksi ini sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap tenaga medis di tengah pandemi Covid-19. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOHotel Indonesia Kempinski Jakarta menyalakan lampu-lampu kamar hingga membentuk lambang hati berukuran besar, Senin (22/4/2020). Aksi ini sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap tenaga medis di tengah pandemi Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Badan Pimpinan Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta Sutrisno Iwantono mengatakan selama pandemi Covid-19 kondisi industri sektor perhotelan kian memprihatinkan.

Saat ini banyak hotel yang terancam bangkrut dan dijual akibat merosotnya jumlah pengunjung selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi jumlah hotel-hotel yang mau dijual itu bervariatif, mulai dari hotel bintang lima hingga non bintang itu banyak banget," kata Sutrisno dalam konferensi pers virtual, Senin (27/9/2021).

Dia mencontohkan di Jakarta sudah terdapat beberapa hotel yang telah gulung tikar. Hotel tersebut meliputi hotel berbintang dan hotel budget.

"Misalnya di daerah Mampang, Jakarta Selatan itu saja ada hotel yang sudah tutup. Saya nggak mau sebut nama hotelnya tetapi intinya bangkrut," ujarnya.

Baca juga: PHRI Jakarta Anggap Penerapan CHSE Hanya Gimmick

Dia mengaku jumlah hotel bangkrut ini sangat signifikan dan umumnya terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

Hanya, PHRI mengaku belum melakukan pendataan secara detail berapa banyak hotel yang bangkrut tersebut.

"Jadi angkanya cukup signifikan tapi memang PHRI belum mendata, dan pemerintah pun belum mendata. Tapi mayoritas kondisinya juga saat ini sedang mati suri," imbuh Sutrisno.

Hal ini diperparah dengan rendahnya tingkat okupansi yang masih berada di angka 10 persen.

Dia berharap dengan kebijakan pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah ini dapat membuat industri hotel kembali bergairah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.