Kompas.com - 24/09/2021, 16:00 WIB
Kota Hatra yang dibangun 2.000 tahun silam merupakan sebuah kota benteng yang selamat dari invasi bangsa Romawi. Sisa-sisa kota Hatra kini sedang dihancurkan kelompok militan ISIS. AP PhotoKota Hatra yang dibangun 2.000 tahun silam merupakan sebuah kota benteng yang selamat dari invasi bangsa Romawi. Sisa-sisa kota Hatra kini sedang dihancurkan kelompok militan ISIS.

JAKARTA, KOMPAS.com - Situs warisan dunia selalu berada dalam bahaya degradasi atau kehancuran.

Mulai dari ancaman kelompok militan, rusak ditabrak pemotor, gempa bumi hingga urbanisasi. Simbol-simbol ini menghadapi ancaman yang diciptakan manusia itu sendiri dan alam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa situs warisan dunia yang terancam hancur keberadaanya, mengingatkan dunia internasional untuk mengambil tindakan.

Melansir UNESCO, kerusakan serius terletak pada bahan, ornamen atau koherensi struktur arsitektur dan hilangnya keaslian sejarah atau signifikansi budaya.

Baca juga: Jelajah Indahnya Arsitektur Kiev, Kota Sejuta Katedral

Potensi bahaya untuk situs budaya dan dunia termasuk proyek-proyek pembangunan, perkebunan dan pertanian, penambangan, pencemaran lingkungan, konflik bersenjata, sistem manajemen yang kacau atau perubahan status perlindungan hukum.

Berikut situs warisan budaya yang terancum hancur:

1. Hatra (Al-Jazrah, Irak)

Hatra adalah kota Parthia kuno yang paling terpelihara. Benteng ini dibangun antara abad ke-3 hingga 2 SM, dilindungi oleh dinding dalam dan luar hampir empat mil.

Hatra adalah ibu kota Kerajaan Arab pertama dan disebut sebagai Beit el (Rumah Tuhan) karena kuil-kuil yang merayakan dewa-dewa Yunani, Aram, Mesopotamia, dan Arab.

UNESCO menambahkan Hatra ke dalam daftar terancam punah setelah militan ISIS menembakkan peluru ke dinding dan menara dengan menggunakan palu godam untuk menghancurkan patung yang mereka anggap sebagai "tanda kemusyrikan."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.