Kompas.com - 23/09/2021, 17:00 WIB
Presiden Jokowi menargetkan penanaman mangrove sekitar 34.000 hektar pada 2021 Tangkap Layar Youtube Sekretariat PresidenPresiden Jokowi menargetkan penanaman mangrove sekitar 34.000 hektar pada 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Jokowi menegaskan akan terus melakukan rehabilitasi mangrove tahun ini. Mengantisipasi dampak perubahan iklim yang sedang terjadi saat ini.

Rehabilitasi ini akan dilakukan baik itu oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove maupun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Target kita pada tahun 2021 ini adalah kurang lebih 34.000 hektar di seluruh tanah air," kata Jokowi dalam keterangan pers, Kamis (23/9/2021).

Dia menjelaskan, rehabilitasi mangrove sangat diperlukan untuk memperbaiki lingkungan pesisir sekaligus melestarikan kawasan hutan mangrove di Indonesia.

Baca juga: Bangun Tol Semarang-Demak, Kementerian PUPR Relokasi Kawasan Mangrove

"Rehabilitasi mangrove harus kita lakukan untuk memulihkan, untuk melestarikan Kawasan Hutan Mangrove ini, dan juga untuk mengantisipasi perubahan iklim yang sedang terjadi sekarang di dunia, untuk memitigasi perubahan iklim yang ada," terangnya.

Keberadaan hutan mangrove dapat memperbaiki habitat sekaligus kondisi lingkungan di kawasan pesisir. Seiring terjadinya peningkatan muka air laut yang merupakan dampak dari perubahan iklim.

"Harapannya dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, kemudian memperbaiki lingkungan pesisir dan memperbaiki habitat di daerah pantai," tutur Jokowi.

Baca juga: Bappenas Susun Peta Pengelolaan Mangrove dan Gambut

Selain itu, dengan adanya mangrove dapat berdampak pada peningkatan produksi ikan dan hasil laut lainnya bagi masyarakat tinggal di kawasan pesisir.

Perlu diketahui, hal tersebut disampaikan Presiden saat mengunjungi dan melakukan penanaman mangrove di Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.