Kompas.com - 23/09/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi rumah subsidi. KOMPAS.com / DANI PRABOWOIlustrasi rumah subsidi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk) dinilai dapat membantu pengembang dalam memantau proyek perumahan subsidi yang dikerjakan oleh pihak kontraktor di lapangan.

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arief Sabaruddin mengungkapkan hal ini dalam siaran pers, Rabu (22/09/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Justru, ini akan membantu para pengembang perumahan dalam memantau proyek perumahan yang dibangun oleh para kontraktor di lapangan," ucap Arief.

Dia menegaskan kepada para pengembang, keberadaan SiPetruk bukan sebagai tugas tambahan.

Menurutnya, SiPetruk menjadi wujud pelaksanaan dari perbaikan tata kelola bantuan pembiayaan rumah subsidi dengan memanfaatkan teknologi.

Nantinya, PPDPP Kementerian PUPR akan menyiapkan desk bagi pengembang agar nantinya dapat dilihat perkembangan rumahnya melalui visual (foto) lewat SiPetruk.

Arief melanjutkan, pilot-project (proyek percontohan) SiPetruk yang akan disiapkan pada Oktober mendatang membutuhkan peran serta dan dukungan dari para asosiasi pengembang.

Hal tersebut dikarenakan dalam proses kerjanya, SiPetruk menggunakan artificial intellifence (AI) yang menerapkan teknologi recognize object (mengenali obyek).

Baca juga: REI Minta SiPetruk Tidak Jadi Syarat Akad KPR dalam Enam Bulan ke Depan

Sehingga, ucap Arief, membutuhkan database dokumentasi konstruksi di lapangan.

"Database ini akan menjadi panduan AI SiPetruk dalam mengidentifikasi foto yang diajukan," lanjutnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.