Kompas.com - 22/09/2021, 21:00 WIB
Sungai Cijambe Kementerian ATR/BPNSungai Cijambe

JAKARTA, KOMPAS.com - Sungai Cijambe merupakan salah satu titik baru luapan air yang sering menyebabkan banjir di Kota dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. 

Direktur Project Management Office (PMO) Jabodetabek-punjur Wisnubroto Sarosa mengatakan sepanjang tahun 2020 hingga 2021, terdapat 26 kecamatan, masing-masing 8 kecamatan di Kota Bekasi dan 18 kecamatan di Kabupaten Bekasi terdampak banjir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat musim hujan, ketinggian air bisa mencapai 30 centimeter (cm) hingga 150 cm.

Dan selama satu tahun terakhir, terdapat penambahan titik banjir dan luapan air baru di Kota dan Kabupaten Bekasi.

"Salah satu titik luapan air baru terjadi di wilayah Sungai Cijambe. Sungai ini merupakan bagian dari permasalahan banjir dan sampah yang mendapatkan perhatian secara khusus dari PMO Jabodetabek-punjur," kata Wisnubroto dalam keterangan tertulis, Rabu (22/09/2021).

Baca juga: Anies Sambut Baik Usul Sofyan Bentuk PMO Jabodetabek-Punjur

Menurut Wisnu, luapan air Sungai Cijambe yang mengakibatkan banjir di kawasan permukiman karena sungai tersebut tak berfungsi secara maksimal.

Sungai dipenuhi tumpukan sampah di hilir serta sedimentasi yang cukup tinggi di beberapa titik.

Karenanya, untuk mengatasi hal itu, PMO Jabodetabek-Punjur bersama dengan pemerintah daerah dan organisasi masyarakat melaksanakan beberapa program pengendalian banjir di Sungai Cijambe.

Pengendalian banjir yang dilakukan meliputi pengangkatan sedimentasi, optimalisasi alur sungai, peninggian talud, serta penyelesaian masalah sampah.

"Secara bertahap, dilakukan kegiatan pengangkatan sedimentasi, optimalisasi alur sungai, peninggian talud, penyelesaian masalah sampah, dan peningkatan kapasitas debit aliran pada crossing toll," jelas Wisnu.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.