Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdampak Pandemi, Dua Anak Usaha Waskita Karya Tunda IPO Tahun Ini

Kompas.com - 21/09/2021, 08:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk menunda jadwal penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) dua anak usahanya yaitu PT Waskita Karya Realty (WTR) dan PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI).

Sebelumnya kedua perusahaan tersebut diproyeksikan IPO pada tahun 2021. 

Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono mengatakan, ditundanya IPO kedua anak perusahaan Waskita Karya diakibatkan oleh pandemi Covid-19.

"IPO WKI dan WKR sepertinya harus ditunda karena covid-19 kemarin, sehingga kami belum bisa menyiapkan untuk itu," kata Destiawan dalam konferensi pers, Senin (20/09/2021).

Baca juga: Utang Waskita Karya Rp 29,2 Triliun, Direstrukturisasi 100 Persen

Meski demikian, Destiawan memastikan, akan terus mempersiapkan rencana IPO dua anak perusahaan tersebut.

Dia menargetkan WTR dan WKI dapat melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2023 mendatang.

Saat ini perusahaan masih terus mempersiapkan business plan dari kedua anak perusahaan yang diproyeksikan untuk IPO tersebut.

"Kami harapkan di tahun 2023 keduanya bisa IPO, supaya tahun depan bisa dilihat performance dari dua anak usaha tersebut sehingga tahun berikutnya kami bisa melanjutkan program IPO," ujarnya.

Untuk diketahui, WTR bergerak di bidang pengusahaan jalan tol. WTR memiliki 16 konsesi jalan tol dengan kepemilikan saham bervariasi.

Sementara itu, WKR bergelut di bisnis properti, mulai dari pengembangan hunian, perkantoran, hotel, maupun kawasan mixed use.

Baca juga: Waskita Teken Kontrak Bendungan Mbay Senilai Rp 700 Miliar

Untuk investasi di luar jalan tol, Waskita Karya mengerahkan WKI. Sejauh ini WKI sudah memiliki 2 pembangkit listrik tenaga mikro hidro dan satu pabrik fabrikasi baja.

Hingga saat ini, Waskita Karya total memiliki sebanyak empat anak usaha yaitu PT Waskita Toll Road (WTR), PT PT Waskita Karya Realty (WKR), dan PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI).

Dari keempatnya, baru satu entitas anak usahanya yang telah IPO di BEI yaitu PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP),  

Di mana WSBP tersebut telah mencatatkan saham perdananya sejak 20 September 2016 dengan harga pelaksanaan Rp 490.

Sementara itu,  Waskita Karya yang merupakan Perseroan Induk yang telah berdiri sejak tahun 1961 dan merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini juga telah mencatatkan saham perdananya di BEI sejak Desember 2012 dengan kode saham "WSKT".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com