Ini Sederet Masalah Agraria di Manggarai Barat, Lokasi KSPN Labuan Bajo

Kompas.com - 16/09/2021, 14:43 WIB
KSPN Labuan Bajo, merupakan satu dari 11 KSPN yang dikembangkan Pemerintah sebagai Bali Baru. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRKSPN Labuan Bajo, merupakan satu dari 11 KSPN yang dikembangkan Pemerintah sebagai Bali Baru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdapat lima masalah agraria di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menteri Agaria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengungkapkan ada tiga masalah utama yaitu soal sengketa tanah, administrasi pertanahan, serta mafia tanah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tujuan akhir dari penyelesaian masalah ini dalah kepastian hukum dalam bidang pertanahan," ujar Sofyan dalam siaran pers, Kamis (16/09/2021).

Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra menambahkan, permasalahan lainnya dari wilayah itu adalah belum siapnya regulasi dan masih terhambatnya Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) masih terhambat.

Baca juga: Sofyan Djalil: Sengketa Tanah Dapat Diselesaikan dengan Mediasi

"Kita harus berkolaborasi mengembangkan RDTR di berbagai wilayah, khususnya kawasan ini," terang Surya.

Namun demikian, dia mengapresiasi Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Manggarai Barat yang sudah berupaya keras dalam mengupayakan penanganan konflik pertanahan.

Maka dari itu, Surya akan mempersiapkan strategi untuk mempercepat serta mengatasi permasalahan yang ada.

"Kita sedang siapkan roadmap (peta jalan), strategi penyelesaian konflik di sini, termasuk juga perlu dukungan dari aparat penegak hukum dan semua harus terlibat," tegas Surya.

Peran Kementerian ATR/BPN harus fleksibel dan bisa mencari ruang mana yang bisa dimediasikan maupun yang masuk jalur hukum.

Langkah berikutnya, pihaknya akan piloting (uji coba) bagaimana dalam membereskan sengketa konflik tanah secara konkret.

Baca juga: Selesai Dibangun, 656 Homestay di Labuan Bajo Siap Terima Turis

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.