Usaha Ghost Kitchen Makin Populer, Diprediksi Sentuh Rp 2.000 Triliun

Kompas.com - 15/09/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi cloud kitchen Savills IndonesiaIlustrasi cloud kitchen

JAKARTA, KOMPAS.com -Terjadinya pandemi Covid-19 dalam satu setengah tahun terakhir ini mengubah banyak hal termasuk aktivitas penjualan di industri makanan.

Jika sebelumnya, untuk menikmati sajian makanan orang rela menunggu di restoran, kini mereka bisa menikmatinya dari rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para koki di restoran pun harus menyiapkan makanan yang belum pernah disajikan di restoran.

Konsep inilah yang disebut sebagai ghost kitchen (dapur hantu) yang didukung fasilitas delivery atau pesan-antar. Ghost kitchen juga biasa disebut dengan nama cloud kitchen.

Sebelum pandemi, konsep pesan-antar makanan memang sudah mulai dikenal. Namun dengan adanya pembatasan aktivitas akibat Covid-19, ghost kitchen dengan pesan-antar tumbuh kian pesat di Asia.

Baca juga: Membaca Peta Persaingan Cloud Kitchen di Jakarta, Ini 7 Pemainnya

Dikutip dari France 24, aplikasi delivery makanan yang banyak diunduh membuktikan pelanggan sudah terbiasa dengan makanan berkualitas restoran yang dikirim ke rumah.

Untuk memenuhi permintaan itu, semakin banyak restoran yang mendirikan dapur hanya melayani delivery makanan. 

Salah satu usaha pengiriman makanan, Just Kitchen mulai mengoperasikan gosht kitchen pertama kali di Taiwan awal tahun lalu.

Sekarang mereka telah memiliki 17 gerai di Taiwan, satu gerai di Hong Kong dan ingin berekspansi ke Filipina dan Singapura pada akhir tahun ini.

"Ini benar-benar mendorong industri pengantaran makanan bertumbuh sangat cepat, sehingga sangat membantu kami," ujar CEO Just Kitchen, Jason Chen. 

Halaman:


Sumber France24
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.