Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilengkapi Furnitur, Rusun STT Batam Ditargetkan Rampung 2022

Kompas.com - 14/09/2021, 19:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan tengah membangun rumah susun mahasiswa di Sekolah Tinggi Teologi (STT) Real Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. 

Rusun tersebut dibangun secara multiyears dengan anggaran Rp 16,8 miliar dan ditargetkan selesai tahun 2022 mendatang. 

“Berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) PUPR Nomor 01/PRT/M/2019, salah satu target pembangunan rusun khusus adalah perguruan tinggi swasta di mana penerima manfaatnya adalah mahasiswa,” kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid dalam keterangannya, Selasa (14/09/2021).

Pembangunan rusun sejalan dengan tujuan dari rencana strategis (renstra) Direktorat Jenderal Kementerian PUPR tahun 2020-2024 yaitu pemenuhan kebutuhan perumahan dan infrastruktur permukiman yang layak dan aman sehingga dapat menciptakan  smart living.

Baca juga: Rusun Madrasah Ini Dilengkapi Furnitur dan Ramah Difabel

"Hal itu tentu saja dapat dicapai dengan pemanfaatan dan pengelolaan yang partisipatif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pembangunan rusun yang dilaksanakan tersebar di seluruh wilayah Indonesia," tutur dia. 

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera III Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Zubaidi mengatakan bahwa peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan rusun STT Real Kota Batam juga telah dilakukan. 

Menurutnya pembangunan rusun dilaksanakan untuk mencapai target pembangunan program sejuta rumah. Selain itu, untuk memberikan fasilitas hunian yang layak dan nyaman bagi para mahasiswa. 

Mahasiswa yang akan menempati rusun ini nantinya diseleksi dan membayar sewa sesuai ketetapan pihak kampus dan mereka tinggal masuk membawa pakaian dan belajar dengan baik.

Mahasiswa juga dapat fokus belajar karena fasilitas pendidikan juga sudah tersedia dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia di masa depan.

Terdapat berbagai fasilitas pendukung yang disediakan untuk para mahasiswa. Seperti meubelair yang lengkap antara lain lemari pakaian, tempat tidur, meja dan kursi belajar, listrik dan air bersih sudah ada di dalam rusun tersebut.

Rusun STT Real berlokasi di Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa. Rusun ini dibangun satu tower setinggi tiga lantai.

Di dalamnya tersedia sebanyak 34 unit hunian dengan tipe 24 meter persegi total dapat menampung 172 orang mahasiswa.

Pembangunan rusun ini dilaksanakan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2021 melalui DIPA Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kepulauan Riau.

"Pelaksanaan pembangunan rusun ini direncanakan selesai dalam waktu 210 hari kalender atau multiyears mulai 2021 hingga 2022 mendatang dengan nilai kontrak Rp16,86 Miliar,” terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com