Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Mana, Karpet Sintetis atau Karpet Wol? Kenali Karakternya

Kompas.com - 13/09/2021, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet merupakan salah satu penutup lantai populer. Material ini banyak dipilih karena menawarkan kenyamanan dan tampilan yang bagus.

Terdapat dua jenis karpet yang sering menjadi pilihan yakni karpet sintesis dan karpet berbahan wol. Masing-masing jenis memiliki keunggulan dan kekurangannya.

Berikut keunggulan dan kekurangan karpet sintetis dan karpet wol yang wajib Anda ketahui sebelum membeli karpet untuk mendekorasi hunian Anda.

Karpet Sintetis

Karpet sintetis merupakan karpet yang diproduksi secara industrial dan terbuat dari beberapa bahan seperti nilon, polyester dan polipropilen.

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Karpet Ramah Anak

Karpet nilon merupakan jenis karpet yang tahan lama, mudah dibersihkan dan tahan banting. Jalinan benang karpet ini sangat baik sehingga tidak mudah hancur.

Selain itu, karpet nilon juga tahan terhadap noda dan mudah dirawat. Sayangnya, karpet ini sangat rentan terhadap aliran listrik statis kecuali yang sudah dimodifikasi. 

Sementara itu, karpet berbahan polyester, tidak cepat pudar, tahan noda, dan tersedia dalam berbagai warna serta motif. Kekurangan karpet jenis ini adalah rentan terhadap noda dari minyak.

Karpet yang terbuat dari bahan polypropylene memiliki harga jual yang terjangkau, tahan noda (kecuali noda minyak) serta tak gampang pudar karena terkena paparan sinar matahari.

Meski demikian, karpet polypropylene tidak tahan lama dan cepat rusak dan memiliki pilihan warna terbatas.

Karpet Wol

Keunggulan pertama karpet wol adalah bahannya yang lembut sehingga memberikan rasa nyaman ketika disentuh.

Karpet ini juga ramah lingkungan karena terbuat dari wol alami tanpa menggunakan bahan kimia. Karena itu, karpet ini sangat baik jika digunakan di kamar anak-anak.

Kelebihan karpet wol selanjutnya adalah bisa menyerap kelembapan ruangan hingga 30 persen, tahan lama, tahan api dan tidak mudah meleleh, hingga tidak mudah kotor.

Sayangnya karpet wol sangat rentan menjadi tempat bersarangnya ngengat dan larva kumbang, meskipun serangga ini bisa dibasmi dengan insektisida.

Pilihan motif karpet wol sangat terbatas dan harga jualnya sangat tinggi di pasaran. Karena itu, pastikan Anda memiliki dana yang cukup bila ingin membeli karpet ini.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis karpet, pertimbangkan lokasi pemasangan serta manakah jenis karpet yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com