Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2021, 14:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mencatat hingga saat ini total komitmen investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebesar Rp 17 triliun.

Direktur Teknik & SDM ITDC Taufik Hidayat mengatakan, total komitmen investasi ini terdiri dari Master Land Utilization & Development Agreement (LUDA) dari VINCI Construction Grands Projets (VCGP) senilai Rp 14 triliun.

VCGP merupakan anak usaha Vinci Construction, BUMN Perancis yang bergerak dibidang desain dan konstruksi proyek infrastruktur.

Baca juga: Jelang World Superbike, Bagaimana Progres Pendukung Sirkuit Mandalika?

Menurut Taufik, komitmen investasi tersebut akan cair secara bertahap selama 15 tahun. 

"Selain itu, ada pula tujuh investor lainnya yang berkomitmen membangun hotel senilai total Rp 3 triliun untuk 1.700 kamar," kata Taufik dalam keterangannya, Senin (13/09/2021). 

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, KEK Mandalika atau The Mandalika memiliki keunikan dan keindahan sendiri dibandingkan dengan daerah lainnya.

Dia meyakini, banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi di kawasan tersebut. Terlebih dengan adanya sirkuit MotoGP yang jelas akan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara.

"Saya yakin banyak investor yang akan berinvestasi di The Mandalika. Ke depan NTB akan menjadi satu kawasan wisata dunia yang tidak hanya terkait otomotif tetapi juga dapat mendukung potensi olahraga lainnya, serta mampu menarik wisatawan yang datang," tutur Bahlil.

Untuk mempercepat realisasi pembangunan, Direktur Operasional dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo mengatakan, perusahaan fokus pada infrastruktur dan fasilitas dasar kawasan guna meningkatkan nilai jual destinasi wisata Mandalika.

Baca juga: Dorna Beri Tanggapan Positif soal Progres Sirkuit The Mandalika

"Dengan harapan agar dapat menarik minat investor sebanyak mungkin untuk menanamkan modal di The Mandalika. Bagi investor, mari bersama membangun The Mandalika dan turut mewujudkan Indonesia Tumbuh Indonesia Maju,” ucapnya.

Arie menambahkan, ITDC juga sedang menyelesaikan pembangunan fasilitas pendukung Jalan Kawasan Khusus (JKK) The Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Fasilitas pendukung ini dibangun untuk menyambut event balap motor internasional World Superbike (WSBK) yang akan digelar 12-14 November 2021 mendatang.

Fasilitas pendukung tersebut antara lain tunnel (terowongan), race control, pit building, medical center dan helipad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+