Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarinah, Panggung Karya Indonesia yang Bertransformasi

Kompas.com - 13/09/2021, 07:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pusat perbelanjaan pertama di Indonesia, Sarinah, akan segera  menyapa warga DKI Jakarta dengan wajah baru.

Tak hanya aspek fisik, Sarinah berambisi untuk bertranformasi pada langkah bisnis, sumber daya, serta perluasan jaringan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan bungkus modernitas.

Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati memastikan, gedung Sarinah akan kembali dibuka untuk umum pada Kuartal I tahun 2022.

"Mulai dibuka untuk umum Kuartal I-2022," jelas Fetty kepada Kompas.com, Kamis (9/9/2021).

Baca juga: Sejarah Sarinah, Mal dan Pencakar Langit Pertama di Indonesia

Namun demikian, Fetty belum bisa membocorkan kapan tepatnya pembukaan kembali Sarinah karena masih dalam persiapan internal.

Pekerjaan renovasi mal yang namanya diberikan oleh Presiden ke-1 RI Soekarno itu dijadwalkan tuntas sebelum akhir tahun ini.

Setelah renovasi gedung tuntas dilakukan, manajemen akan melakukan fitting-out desain interior di dalam toko.

Dalam laman Instagram resminya @sarinahindonesia, fasad dan bangunan Sarinah tengah direnovasi dengan capaian progres 79 persen.

Baca juga: Tunggu SK Gubernur, Gedung Sarinah Masuk Daftar Diduga Cagar Budaya

"Yang tersembunyi, seperti relief 15 figur yang sedang memanen hasil tani, telah direstorasi dan akan ditampilkan," tulis pengelola Instagram Sarinah.

Tak lupa, kolam pantul yang dulu melengkapi gedung Sarinah juga sedang dibuat ulang dengan tetap mengikuti struktur aslinya.

Proses transformasi yang dilakukan Sarinah tidak akan menghilangkan citra dirinya sebagaimana dibangun dari ide Soekarno.

Sebaliknya, citra Sarinah justru ingin dipertegas menjadi pusat perdagangan dan promosi, serta duta bagi barang-barang lokal Indonesia di dunia internasional.

Hal ini berbeda dengan La Samaritaine yaitu mal bersejarah di Paris, Prancis yang memiliki slogan "one finds everything at the Samaritaine".

Baca juga: Tak Lama Lagi, Wajah Baru Sarinah Bisa Dinikmati Warga Jakarta

Dalam transformasi ini, konsumen takkan menemukan segalanya di mal yang berkawasan di Jalan MH Thamrin tersebut.

Sebab, Sarinah akan menampilkan barang-barang eksklusif Indonesia yang telah dikurasi dengan baik, bukan sekadar menjadi toko serba ada (Toserba).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com