Kompas.com - 11/09/2021, 09:30 WIB
Dirjen Perumahan Kementerian PUPR sedang membangun rusun MBR Yogyakarta Dirjen Perumahan Kementerian PUPRDirjen Perumahan Kementerian PUPR sedang membangun rusun MBR Yogyakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menggenjot proses pembangunan rumah susun (rusun) masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Tegalrejo, Yogyakarta.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ketersediaan hunian layak dengan biaya sewa terjangkau.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Wilayah Jawa III, M. Mulya Permana mengatakan, rusun MBR Yogyakarta mulai dikerjakan pada 30 Maret 2021 lalu. Lokasinya berada di Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

"Ditargetkan selesai pada bulan akhir bulan Oktober mendatang," katanya dikutip dari laman Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Jumat (10/9/2021).

Baca juga: Empat Rusun Dibangun Sekaligus di DIY, untuk MBR hingga Mahasiswa

Hunian vertikal MBR Yogyakarta itu dibangun satu tower setinggi tiga lantai. Tipe hunian 36 dan sebanyak 44 unit. Setiap unitnya terdapat ruang dapur, toilet, kamar tidur utama dan kamar anak.

Menurut dia, total anggaran untuk pelaksanaan pembangunan rusun MBR Yogyakarta sebesar Rp 19,3 miliar.

"Rusun MBR Yogyakarta tersebut pembangunannya telah mencapai 57,54 persen dan ditarget selesai pada akhir Oktober mendatang," ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pembangunan ini diperlukan seiring lahan untuk perumahan semakin terbatas.

Dia menilai rusun dapat menjadi alternatif hunian bagi MBR.

"Saat ini kami tengah mendorong pembangunan hunian vertikal di DI Yogyakarta berupa rusun untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Kami ingin agar MBR juga bisa tinggal di hunian yang layak huni dengan biaya sewa yang terjangkau," tutur Khalawi.

Baca juga: Akhir Tahun Rampung, Rusun Universitas Lampung Dilengkapi Embung

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.