Kompas.com - 10/09/2021, 10:00 WIB
Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Dok. PT Hutama Karya (Persero).Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian periode 2009-2014 Hatta Rajasa mendukung PT Hutama Karya (Persero) menjual sebagian ruas Jalan Tol Trans-Sumatera.

Sehingga, dana tersebut bisa digunakan dalam membangun jalan bebas hambatan berbayar yang baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini disampaikannya dalam webinar HK Academy: Accelerating Indonesia's Economic Growth Through Infrastructure Development, Kamis (09/09/2021).

"Memang ada rencana untuk menjual (jalan tol), tidak apa-apa. Kalau ada kritik, hadapi saja, karena kita bukan memilikinya, tapi Hutama Karya membangun untuk bangsa ini," ujar Hatta.

Menurut Hatta, kepemilikan jalan tol bisa didapatkan oleh siapa pun seperti pengusaha nasional atau melalui kemitraan dengan siapa saja.

Hal terpenting adalah rakyat menikmati pembangunan JTTS dan negara diuntungkan karena Hutama Karya telah membangun infrastruktur konektivitas untuk tanah air.

Baca juga: Hatta Rajasa: Tersambung Tol, Perjalanan Lampung-Aceh Hemat 60 Jam

Hatta mengungkapkan, dia juga mendukung penuh Hutama Karya dalam mencari pembiayaan alternatif agar pembangunan JTTS tuntas sebelum tahun 2024.

Alternatif pembiayaan ini bisa berupa non-Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), non-utang, mengundang mitra strategis.

Kemudian, mengundang mitra lokal dan menggunakan skema pembiayaan yang tidak memberatkan seperti Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Indonesia Investment Authority (INA).

Untuk diketahui, Hutama Karya memang berencana menjual tiga ruas JTTS yaitu Tol Bakauheni-Palembang, Tol Pekanbaru-Dumai, dan Tol Medan-Binjai kepada INA.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.