Kompas.com - 10/09/2021, 08:00 WIB
Ketua Umum PAN Hatta Rajasa. TRIBUNNEWS/HERUDINKetua Umum PAN Hatta Rajasa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Koordinasi dan perencanaan yang terintegrasi sangat penting dilakukan agar terciptanya multiplier effect (efek ganda) atas pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Jika terjadi miss-planing (salah perencanaan), maka tidak hanya biaya yang timbul, melainkan peluang investasi juga akan hilang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian periode 2009-2014 Hatta Rajasa mengungkapkan hal ini dalam webinar HK Academy: Accelerating Indonesia's Economic Growth Through Infrastructure Development, Kamis (09/09/2021).

"Nah, saya menyarankan, lihat secara detail perencanaan kita itu. Supaya tidak terjebak kepada membangun sesuatu, tapi jalan tolnya rupanya belum jadi," tutur Hatta.

Misalnya, pengusaha telah membangun restoran di dekat area jalan tol. Namun, infrastruktur konektivitas tersebut nyatanya belum tuntas dibangun.

Atau hal sebaliknya, jalan tol sudah selesai dibangun, namun tidak tersedia rest area. Sehingga, pengendara yang hendak ke toilet atau makan tidak mendapatkan fasilitas tersebut.

Baca juga: Hatta Rajasa: Tersambung Tol, Perjalanan Lampung-Aceh Hemat 60 Jam

Hatta mengatakan, jika hal itu sampai terjadi, maka peluang investasi di jalan tol justru hilang.

Saat desain JTTS selesai dibuat, penentuan desain daerah yang menjadi pusat kawasan investasi dan wilayah yang berpotensi menjadi lokasi kegiatan ekonomi masyarakat juga harus tuntas.

Hatta mengungkapkan, masalah ini seharusnya sudah dibicarakan pada tingkat kabupaten atau provinsi.

"Ini sebetulnya sudah terintegrasi dan ada pada (kebijakan) Pemerintah Daerah (Pemda)," lanjutnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.