Hatta Rajasa: Jika Jembatan Selat Sunda Dibangun, Potensi Tol Trans-Sumatera Bisa Lebih Optimal

Kompas.com - 09/09/2021, 18:30 WIB
Hatta Rajasa, calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional. KOMPAS/ALIF ICHWANHatta Rajasa, calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian periode 2009-2014 Hatta Rajasa mengatakan, Jembatan Selat Sunda (JSS) dapat mengoptimalkan potensi Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

"Potensi ini akan lebih optimal apabila JSS dibangun," ujar Hatta dalam webinar HK Academy: Accelerating Indonesia's Economic Growth Through Infrastructure Development, Kamis (09/09/2021).

Baca juga: Hatta Rajasa: Tersambung Tol, Perjalanan Lampung-Aceh Hemat 60 Jam

Hatta melanjutkan, keberadaan JSS akan mendorong migrasi industri di Jawa yang padat ke Pulau Sumatera.

Dengan migrasi ini, bakal berdampak pada munculnya kawasan pertumbuhan ekonomi baru. Ini artinya, Pemerintah dapat mengatasi ketimpangan spasial antar-wilayah.

Dia menjelaskan, ada beberapa dampak positif dari adanya proyek yang dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) itu.

Pertama, Pemerintah Daerah (Pemda) dan investor (swasta) akan membangun feeder ke jalan tol untuk menggali potensi daerah agar investasi meningkat.

"Contoh, batu bara 55 persen itu terletak di tengah. Sehingga, dibutuhkan feeder untuk mengangkut sumber daya alam (SDA) tersebut," lanjutnya.

Baca juga: Tambahan PMN Rp 19 Triliun untuk Tol Trans-Sumatera Cair Akhir 2021

Selain itu, keberadaan JTTS tentunya akan membangun simpul-simpul logistik yang dapat melancarkan pasokan dan menekan biaya logistik.

Ketiga, Produk Domestik Bruto (PDB) daerah akan mengalami peningkatan secara signifikan akibat adanya multiplier effect (dampak ganda).

Lalu, kunjungan wisata juga turut meningkat, serta tumbuhnya kawasan perekonomian dan pusat permukiman baru yang lebih modern.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.