Kompas.com - 09/09/2021, 08:00 WIB
Penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis multi-lane free flow (MLFF) awal Tahun 2022. BPJTPenerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis multi-lane free flow (MLFF) awal Tahun 2022.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan turut serta mendukung kebijakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam menerapkan pembayaran tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) yang akan dimulai pada September 2022.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Jasa marga (Persero) Tbk. Donny Arsal memastikan hal itu dalam konferensi virtual, Rabu (8/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Rencana Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR yang akan mulai penerapan pembayaran tol tanpa sentuh, karena ini adalah program pemerintah tentu akan kami support," kata Donny.

Baca juga: Penerapan Sistem Transaksi Tol Non-stop MLFF Mulai Uji Coba 2022

Donny menjelaskan hingga saat ini Jasa Marga telah menerapkan 100 persen transaksi non-tunai di seluruh gebang tol yang dioperasikan.

Melalui transaksi non-tunai maka pembayaran menjadi jauh lebih cepat dan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas yang terjadi di gebang tol.

Selain itu terdapat pula efisiensi pada biaya pengumpulan pendapatan tol seperti biaya penyediaan uang kembalian, biaya distribusi uang pendapatan dan biaya keamanan.

Lebih jauh, Donny menerangkan bahwa Jasa Marga juga terus melakukan upaya inovasi dan transformasi perusahannya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat.

Sepanjang Semester I-2021, Jasa Marga meningkatkan pelayanan untuk kenyamanan dan keamanan pengguna jalan tol dengan meluncurkan inovasi berbasis teknologi, yaitu Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) yang merupakan pusat kendali lalu lintas jalan tol pertama dan terlengkap di Indonesia yang berbasis Intelligent Transportation System.

Baca juga: Soal Sistem Transaksi MLFF, ATI Ingatkan Keamanan Data Pengguna Tol

Selanjutya, Jasa Marga meluncurkan aplikasi Travoy 3.0 yang dirancang sebagai asisten
perjalanan digital untuk membantu pengguna jalan tol berkendara di jalan tol dengan fitur seperti informasi tarif tol, panic shake hingga laporan pengguna jalan.

Untuk diketahui, BPJT Kementerian PUPR menargetkan untuk menerapkan pembayaran tol tanpa sentuh atau Multi Lande Free Flow (MLFF) pada September 2022.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.