Kompas.com - 08/09/2021, 20:30 WIB
Jalan Tol Jasa Marga Jasa Marga Jalan Tol Jasa Marga

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengungkapkan, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdampak serius terhadap kinerja perusahaan.

Oleh karena itu, sepanjang Semester I-2021, Jasa Marga melakukan sejumlah langkah dan strategi agar perusahaannya tetap dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Corporate Finance Group Head Jasa Marga Eka Setya Adrianto strategi tersebut dilakukan untuk dapat menggenjot pendapatannya hingga akhir tahun 2021. 

Pertama, memaksimalkan pendapatan yang mengandalkan lalu lintas jalan tol. Hal itu karena 90 persen pendapatan utama Jasa Marga berasal dari jalan tol.

Baca juga: Jasa Marga Catatkan Kenaikan Pendapatan 29,95 Persen Semester I-2021

"Kalau pendapatan tentu kAMI mengandalkan traffic karena memang 90 persen revenue kita dari pendapatan tol. Karena itu kami berharap recovery-nya cepat, beberapa kali juga sudah naik sesuai dengan timeline yang kami harapkan," kata Eka dalam Public Expose Live 2021, Rabu (08/09/2021).

Kedua, efisiensi dari sisi cost untuk meningkatkan profitabilitas. Ketiga, Jasa Marga melakukan efisiensi dari sisi cost of fund.

Dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi, cost of fund Jasa Marga turun lebih dari satu persen.

"Itu bagus mengingat total pinjaman saat ini cukup besar di Jasa Marga sehingga satu persen itu tentu sangat berdampak terhadap profitabilitas perusahaan," ujar Eka.

Strategi keempat, Jasa Marga juga mengoptimalisasi aset perseroan salah satunya dengan melakukan asset recycling.

Dia menyebutkan, sepanjang Semester I-2021, Jasa Marga telah melakukan divestasi pada PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ).

"Divestasi pada Marga Lingkar Jakarta (MLJ) dan itu profitnya cukup baik mengangkat laba perusahaan," imbuh Eka.

"Selebihnya nanti kita lihat untk akhir tahun ini apakah ada lagi tergantung kebutuhan, dan tergantung situasinya seperti apa," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.