Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Catatkan Kenaikan Pendapatan 29,95 Persen Semester I-2021

Kompas.com - 08/09/2021, 15:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil mempertahankan kinerja positif selama Semester I Tahun 2021 yang tercermin dari peningkatan pendapatan dan EBITDA Margin yang dipicu beroperasinya jalan tol baru di tengah pandemi Covid-19.

Investor Relations Department Head Jasa Marga Milka Theodora mengatakan, pandemi Covid-19 turut berdampak terhadap bisnis perseroan, namun Jasa Marga masih dapat mempertahankan market share di posisi 51 persen.

Hal ini ditopang penambahan operasional sepanjang 55,94 kilometer jalan tol sejak awal tahun hingga saat ini.

“Operasional jalan tol baru ini didukung oleh meningkatnya mobilisasi masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan volume lalu lintas," kata Milka dalam Public Expose LIVE 2021Rabu (08/09/2021).

Baca juga: Gandeng UGM, Jasa Marga Kaji Bangunan Perlintasan Tol Kartasura-Karanganyar

Milka menjelaskan EBITDA perusahaan juga mengalami peningkatan sebesar 40,76 persen seiring dengan meningkatnya pendapatan tol pada Semester I Tahun 2021.

"Hal ini juga menyebabkan peningkatan EBITDA Margin yang mencapai 64,10 persen," imbuh Milka.

Demikian halnya dengan rasio hutang terhadap ekuitas yang ditunjang bunga atau interest bearing debt to equity ratio Perseroan tetap terjaga dalam koridor yang dipersyaratkan oleh para Kreditur.

Selain itu, menurut Mulka, kemampuan Perseroan untuk membayar kewajiban bunga juga masih terjaga seperti tahun sebelumnya dan Jasa Marga mampu menurunkan biaya hutang (cost of debt) pada Semester I-2021.

Untuk diketahui, sepanjang Semester I 2021, Jasa Marga telah mengoperasikan empat ruas jalan tol yaitu Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak sepanjang 2,85 kilometer, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sepanjang 14,19 kilometer.

Kemudian dioperasikan pula Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 6,50 kilometer, dan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Ruas Balikpapan-Samboja Seksi I sepanjang 21,66 kilometer dan Seksi 5 sepanjang 10,74 kilometer.

Milka menambahkan semua pencapaian tersebut tentunya karena Jasa Marga juga melakukan berbagai macam upaya untuk mempertahankan kinerja selama masa pandemi seperti melakukan beberapa efisiensi terutama pada beban usaha atau beban operasional.

Lalu pelaksanaan program kerja sesuai dengan skala prioritas dengan tetap menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol hingga mengoptimalisasi aset Perseroan salah satunya dengan melakukan asset recycling.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com