Kompas.com - 08/09/2021, 15:30 WIB
Konstruksi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Pamulang-Cinere Selesai Oktober 2021 Jasa Marga Konstruksi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Pamulang-Cinere Selesai Oktober 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil mempertahankan kinerja positif selama Semester I Tahun 2021 yang tercermin dari peningkatan pendapatan dan EBITDA Margin yang dipicu beroperasinya jalan tol baru di tengah pandemi Covid-19.

Investor Relations Department Head Jasa Marga Milka Theodora mengatakan, pandemi Covid-19 turut berdampak terhadap bisnis perseroan, namun Jasa Marga masih dapat mempertahankan market share di posisi 51 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini ditopang penambahan operasional sepanjang 55,94 kilometer jalan tol sejak awal tahun hingga saat ini.

“Operasional jalan tol baru ini didukung oleh meningkatnya mobilisasi masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan volume lalu lintas," kata Milka dalam Public Expose LIVE 2021Rabu (08/09/2021).

Baca juga: Gandeng UGM, Jasa Marga Kaji Bangunan Perlintasan Tol Kartasura-Karanganyar

Milka menjelaskan EBITDA perusahaan juga mengalami peningkatan sebesar 40,76 persen seiring dengan meningkatnya pendapatan tol pada Semester I Tahun 2021.

"Hal ini juga menyebabkan peningkatan EBITDA Margin yang mencapai 64,10 persen," imbuh Milka.

Demikian halnya dengan rasio hutang terhadap ekuitas yang ditunjang bunga atau interest bearing debt to equity ratio Perseroan tetap terjaga dalam koridor yang dipersyaratkan oleh para Kreditur.

Selain itu, menurut Mulka, kemampuan Perseroan untuk membayar kewajiban bunga juga masih terjaga seperti tahun sebelumnya dan Jasa Marga mampu menurunkan biaya hutang (cost of debt) pada Semester I-2021.

Untuk diketahui, sepanjang Semester I 2021, Jasa Marga telah mengoperasikan empat ruas jalan tol yaitu Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak sepanjang 2,85 kilometer, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sepanjang 14,19 kilometer.

Kemudian dioperasikan pula Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 6,50 kilometer, dan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Ruas Balikpapan-Samboja Seksi I sepanjang 21,66 kilometer dan Seksi 5 sepanjang 10,74 kilometer.

Milka menambahkan semua pencapaian tersebut tentunya karena Jasa Marga juga melakukan berbagai macam upaya untuk mempertahankan kinerja selama masa pandemi seperti melakukan beberapa efisiensi terutama pada beban usaha atau beban operasional.

Lalu pelaksanaan program kerja sesuai dengan skala prioritas dengan tetap menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol hingga mengoptimalisasi aset Perseroan salah satunya dengan melakukan asset recycling.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.