Kompas.com - 08/09/2021, 07:00 WIB
Ella robot barista  yang diproduksi oleh Crown Digital. Robot ini akan ditempatkan di 31 stasiun MRT di Singapura. Tatler AsiaElla robot barista yang diproduksi oleh Crown Digital. Robot ini akan ditempatkan di 31 stasiun MRT di Singapura.

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen robot dan teknologi Artificial Intelegent (AI) Singapura, Crown Digital, mengumumkan rencana penempatan robot barista di stasiun Mass Rapid Transit (MRT).

Seperti dikutip dari situs Retail News Asia, hingga akhir tahun 2022 perusahaan ini akan menempatkan robot tersebut pada 30 stasiun MRT.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Robot barista ini dijuluki Ella dan merupakan kios robo-coffee yang memiliki luas sekitar 5 meter persegi. Robot ini dapat menyajikan berbagai minuman kopi dan teh hingga 200 gelas per jam.

Dalam bekerja nanti, Ella akan menggunakan lengan artikulasi untuk membuat dan menyajikan minuman.

Baca juga: Oscar, Robot Cerdas yang Bisa Bantu Cari Jalan di Singapura

Salah satu fitur menonjolnya adalah layar transparan yang dapat menampilkan informasi tentang minuman, pesanan, dan bahkan video serta grafik full-motion.

Untuk instalasi MRT ini, Crown Digital telah berkolaborasi dengan Stellar Lifestyle, yang memiliki keahlian dalam manajemen properti dan ritel, solusi media dan periklanan digital.

Menurut Crown Digital, Stella Lifestyle telah menginvestasikan sejumlah untuk membiayai pengembangan robot Ella.

Penempatan kios kopi robotik di berbagai stasiun MRT di Singapura merupakan proyek kedua bagi Crown Digital.

Sebelumnya, mereka telah bekerja sama dengan stasiun kereta JR East Jepang. Perjanjian kerja sama bahkan telah ditandatangani pada akhir tahun lalu.

Mobilitas penduduk yang tinggi tentu mencari penyegaran saat bepergian. Karena itulah, stasiun MRT dan bandara adalah target pasar yang populer untuk produsen baru kios kopi robotik seperti Crown Digital, Smyze, dan Cafe X.

Manfaat lain dari robot barista kopi di masa pandemi ini adalah mereka lebih aman. Robot tidak sakit, dan tidak bertindak sebagai vektor penularan virus seperti yang dilakukan oleh manusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.