Kompas.com - 07/09/2021, 14:30 WIB
Enam ruas Jalan Tol Dalam Kota Segmen Kelapa Gading - Pulo Gebang PT JTD JAYA PRATAMAEnam ruas Jalan Tol Dalam Kota Segmen Kelapa Gading - Pulo Gebang

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jakarta Tollroad Developmet sebagai pemegang konsesi Enam Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta melalui PT JTD Jaya Pratama, telah menyelesaikan konstruksi Segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang.

Enam Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta Segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang juga telah beroperasi tanpa pengenaan tarif selama dua minggu yaitu sejak 23 Agustus 2021 sampai 8 September 2021 sebagai masa sosialisasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan tuntasnya masa sosialisasi, mulai Kamis (9/9/2021), Segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang tersebut akan dikenakan tarif secara resmi.

Kepala Kantor Operasi PT JTD Jaya Pratama G Widiyantoro memastikan hal tersebut kepada Kompas.com, Selasa (7/9/2021).

"Tarif ini mulai diberlakukan pada Kamis, 9 September 2021 pukul 00.00 WIB," ujar Widiyantoro.

Baca juga: Selasa Pukul 00.00 WIB, Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Bisa Dilintasi

Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri PUPR Nomor 1048/KPTS/M/2021 tanggal 23 Agustus 2021.

Enam ruas Jalan Tol Dalam Kota Segmen Kelapa Gading - Pulo Gebang PT JTD JAYA PRATAMA Enam ruas Jalan Tol Dalam Kota Segmen Kelapa Gading - Pulo Gebang
Berikut rincian tarif terjauh Enam Ruas Jalan Tol dalam Kota Jakarta Segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang:

  • Golongan I: Rp 19.000
  • Golongan II: Rp 28.000
  • Golongan III: Rp 28.000
  • Golongan IV: Rp 37.500
  • Golongan V: Rp 37.500

Jadi, lanjut dia, sejak mulai diberlakukannya penerapan tarif ini, pengguna kendaraan Golongan I (mobil penumpang) akan membayar sebesar Rp 19.000 untuk Jalan Tol Kelapa Gading ke Bekasi Raya.

"Sedangkan bagi Pengguna Jalan Tol yang mengarah ke Gerbang Tol Cakung terintegrasi dengan Tol JORR akan dikenakan tarif total sebesar Rp 19.000 dan tambahan Rp 16.000,” imbuh Widiyantoro.

Enam ruas Jalan Tol Dalam Kota Segmen Kelapa Gading - Pulo Gebang PT JTD JAYA PRATAMA Enam ruas Jalan Tol Dalam Kota Segmen Kelapa Gading - Pulo Gebang
Dengan beroperasinya Enam Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta Segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 kilometer diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan alternatif kepada pengguna jalan tol dari arah Kelapa Gading yang menuju Pulo Gebang, Cilincing, Cikunir, Jalan Tol Jakarta-Cikampek atau Jalan Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed melalui Jalan Tol JORR, dan sebaliknya.

Selain itu dapat mengurai kemacetan yang terjadi di wilayah Jakarta, terutama Kelapa Gading sampai dengan Pulo Gebang, serta mampu meningkatkan kecepatan distribusi logistik dan daya saing komoditas dengan menghubungkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan Pelabuhan Tanjung Priok.

Untuk diketahui, Enam Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta Segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang telah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 23 Agustus 2021.

Jalan tol ini juga telah melalui proses Uji Laik Fungsi dan Uji Laik Operasi yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR pada bulan Juli 2021, serta telah diterbitkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) oleh Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR pada tanggal 13 Agustus 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.