Kompas.com - 05/09/2021, 15:00 WIB
Motorhome Central Darling Shire CouncilMotorhome

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 30 motorhome (rumah motor) dijadikan sebagai tempat untuk isolasi mandiri (isoman) pasien Covid-19 di sebuah kota kecil Wilcannia, New South Wales (NSW) Australia.

Dilansir dari The Sydney Morning Herald, pemerintah NSW memutuskan untuk mengirim 30 motorhome ke Wilcannia seiring dengan semakin meningkatnya kasus Covid-19 di daerah tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari total populasi 745 penduduk asli yang tinggal di Wilcannia, 108 orang di antaranya telah terpapar Covid-19.

Baca juga: Basuki Sebut Rumah Tak Layak Huni Membahayakan Pasien Covid-19 Isoman

"Karena jumlah kasus di Wilcannia terus meningkat maka kami membuka 30 rumah motor di daerah tersebut," kata Wakil Perdana Menteri John Barilaro dalam keterangannya seperti dikutip abc.net.au, Minggu (5/9/2021).

Sementara,mayoritas penduduk di Wilcannia tinggal di rumah yang sempit dan tidak layak huni.

MotorhomeCentral Darling Shire Council Motorhome
Kendaraan ini tentu menjadi solusi bagi warga yang terpapar Covid-19 untuk dapat melakukan isolasi mandiri atau karantina secara aman.

John menyebut, 30 motorhome ditempatkan di sebuah taman luas yang aksesnya mudah dijangkau oleh masyarakat.

Setiap motorhome memiliki sejumlah fasilitas pendukung seperti pemanas, pendingin dan termasuk ruang tamu, kamar tidur, dapur, toilet, shower, radio dan televisi.

Warga yang terpapar akan melakukan karantina selama dua minggu di dalam kendaraan tersebut.

John mengatakan, NSW Health telah mendirikan base camp di lokasi untuk membantu menangani pasien Covid-19.

Di dalamnya terdapat banyak petugas dari berbagai unsur seperti personel kesehatan NSW, polisi NSW, pemadam kebakaran, dan sejumlah organisasi sukarelawan yang turut serta membantu masyarakat. 

Selain itu, NSW Health dan sejumlah organisasi relawan juga akan melakukan pendampingan dan memberikan pelayanan, perawatan kepada masyarakat lokal terutama masyarakat adat setempat agar terhindar dari virus Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.