Kompas.com - 05/09/2021, 13:50 WIB
Flyover Ahmad Yani, Semarang Kementerian PUPRFlyover Ahmad Yani, Semarang

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menuntaskan proyek pembangunan flyover atau Jalan Layang Ahmad Yani.

Pembangunan jalan layang ini adalah upaya untuk mendukung kelancaran lalu lintas menuju bandara yang menghubungkan Jalan Madukoro dengan Bandara Internasional Ahmad Yani.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, konstruksi jembatan layang telah dilakukan tes uji beban oleh Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) dan menunggu hasil uji coba sebelum beroperasi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan bandara bertaraf internasional perlu didukung oleh akses jalan yang khusus (dedicated lane).

"Seluruh bandara internasional pada Kawasan Strategis Nasional (KSN) Metropolitan seperti Soekarno-Hatta di Jakarta, Juanda di Surabaya, Kualanamu di Medan, Hasanudin di Makasar dan Ngurah Rai di Denpasar telah didukung jalan bebas hambatan," ujar Basuki, dalam keterangan tertulis, Minggu (5/9/2021).

Baca juga: Jalan Layang Akses Bandara Ahmad Yani Semarang Tuntas Agustus, Begini Rinciannya

Titik awal jalan layang ini adalah Jalan Anjasmoro melintasi Jalan Arteri Yos Sudarso membentang hingga Jalan Madukoro.

Selama ini jalan tersebut menjadi akses masuk bandara berstatus jalan kota sehingga masih tercampur antara lalu lintas lokal dan lalu lintas menuju perumahan sekitar.

Proyek ini dibangun karena adanya hambatan samping yang mengganggu kelancaran arus lalu lintas di depan area bandara.

Keberadaan Flyover Ahmad Yani diharapkan memperlancar akses kendaraan dari dan menuju bandara karena pemindahan terminal baru Bandara Jenderal Ahmad Yani.

Pembangunan Flyover Ahmad Yani menggunakan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun jamak 2020-2021 sebesar Rp 149,3 miliar.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.