Kompas.com - 04/09/2021, 20:13 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau pembangunan rumah susun (rusun) Universitas Lampung. Dok. Kementerian PUPR.Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau pembangunan rumah susun (rusun) Universitas Lampung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, pembangunan rumah susun (rusun) Universitas Lampung (Unila) tuntas akhir tahun ini.

"Progres pembangunan rusun sudah bagus, lebih dari 30 persen. Kualitas pembangunannya juga bagus, semoga bisa tetap dipertahankan sampai target selesai Desember 2021,” jelasnya dikutip Kompas.com dari laman Kementerian PUPR, Sabtu (04/09/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera V A Darwis menjelaskan, rusun tersebut dibangun sebanyak 1 tower, terdiri dari tiga lantai, 43 unit kamar tipe 28 dengan kapasitas 128 mahasiswa.

"Setiap unit rusun yang dibangun telah dilengkapi fasilitas layak seperti listrik, air bersih, tempat tidur dua tingkat, lemari 2 pintu, meja dan kursi belajar," papar Darwis.

Baca juga: Konsep Neo-Vernakular Rumah Adat Lampung, Sarat Ornamentasi

Pembangunan rusun Unila dimulai sejak 24 Mei 2021 dengan anggaran senilai Rp 11,65 miliar.

Kehadiran rusun diharapkan dapat mendukung para mahasiswa memberikan tempat layak selama proses belajar-mengajar.

Selain itu, mahasiswa diharapkan bisa lebih fokus belajar demi meningkatkan prestasi dan menjadi sumber daya manusia (SDM) unggul. 

Tak hanya rusun, Kementerian PUPR juga telah membangun embung air yang bermanfaat sebagai sumber air untuk rusun dan kawasan Unila.

Sedianya, ada empat embung air yang dibangun dengan biaya sebesar Rp 14,6 miliar yang tuntas sejak 4 Desember 2019.

Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji-Sekampung Riza Fahlevi menuturkan, embung memiliki fungsi sebagai daerah pemanenan air hujan untuk cadangan musim kemarau.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.