Kompas.com - 04/09/2021, 18:23 WIB
Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil menandatangani prasasti sebagai bentuk diresmikannya Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Pekanbaru, Kamis (02/09/2021). Dok. Kementerian ATR/BPN.Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil menandatangani prasasti sebagai bentuk diresmikannya Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Pekanbaru, Kamis (02/09/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil mengingatkan agar jajaran Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Pekanbaru berhati-hati dengan para mafia tanah.

"Jadi teman-teman BPN ini hati-hati dengan mafia tanah, jangan sampai jadi korban atau dimainkan, apalagi jadi bagian dari mafia tanah. Jangan berpikir sedikitpun," tegas Sofyan dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN, Sabtu (04/09/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia mengungkapkan, Kementerian ATR/BPN akan melakukan banyak perbaikan layanan agar BPN semakin dihormati dan masyarakat merasakan kepuasan dari layanan tersebut. 

Sebab, penerapan pelayanan digital sangat dibutuhkan saat ini, terutama pada masa Pandemi Covid-19.

Dengan menerapkan layanan digital, masyarakat bisa mendaftar secara daring dan memilih kapan bisa mendatangi kantor BPN setempat.

"Dengan demikian, orang tidak akan berkerumun. Ini akan bagus sekali, karena waktu orang yang memerlukan layanan pertanahan bisa mereka atur sendiri," ujar dia.

Baca juga: Sekali Lagi, Waspadai Modus Operandi Mafia Tanah

Kota Pekanbaru memiliki beberapa masalah pertanahan seperti adanya tanah sengketa dan tumpang tindih yang harus diselesaikan.

Sofyan meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) dapat membantu penyelesaian hal tersebut untuk menghindari adanya mafia tanah.

"Mafia tanah biasanya kalau ada ketidakberesan, tumpang tindih, dia itu beroperasi. Tapi, kita sekarang keras sekali memerangi mafia tanah," tambah Sofyan saat meresmikan Kantah Kota Pekanbaru.

Adapun Kantah Kota Pekanbaru telah diresmikan Sofyan bersama Gubernur Riau Syamsuar Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Riau M Syahrir, serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau.

Dia juga mengapresiasi Syamsuar yang telah memberikan tanah seluas 1,5 hektar sehingga Kantah Kota Pekanbaru dapat dibangun untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Riau M Syahrir mengatakan, pembangunan Kantah sebetulnya telah selesai sejak tahun 2019.

"Namun, karena terkendala Pandemi Covid-19 baru bisa sekarang (diresmikan)," pungkas Syahrir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.