Kompas.com - 04/09/2021, 15:00 WIB
Salah satu fasilitas milik perusahaan minyak Shell di Norco, Lousiana tergenang air setelah Badai Ida menghantam daerah tersebut pada Senin (30/8/2021). REUTERS/Devika Krishna KumarSalah satu fasilitas milik perusahaan minyak Shell di Norco, Lousiana tergenang air setelah Badai Ida menghantam daerah tersebut pada Senin (30/8/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badai Ida yang menyerang sebagian besar wilayah Amerika Serikat dalam satu minggu terakhir, ternyata juga berdampak pada produksi minyak dan gas di lepas pantai.

Karena kurangnya tenaga dan bahan bakar membuat sebagian besar produksi minyak dan gas di kilang lepas pantai teluk Amerika Serikat harus terhenti tepat lima hari setelah badai berlalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Reuters melaporkan memang pelabuhan-pelabuhan telah dibukan dan para pekerja sudah kembali ke fasilitas kilang lepas bantai.

Namun beberapa kerusakan pada jaringan pipa dan kurangnya daya, membuat beberapa proses pengeboran terpaksa dibatalkan.

Tentu ini adalah masalah besar terlebih para ahli memprediksi beberapa sumur di Teluk Meksiko, yang menyumbang sekitar seperlima dari produksi minyak dan gas alam di Amerika bisa ditutup selama berminggu-minggu.

Pemerintah Amerika sendiri telah berusaha meredam kekhawatiran masyarakat soal kekurangan pasokan bahan bakar.

Mereka telah menyediakan 1,8 juta barel minyak mentah yang merupakan gabungan dari Cadangan Minyak Strategis (SPR) milik negara.

Cadangan minyak tersebut kemudian diberikan kepada Exxon Mobil dan Perusahaan Penyulingan Placid puntuk memproduksi bensin.

Sebuah kilang transfer lepas pantai menyalurkan minyak dan gas dari tiga ladang minyak besar harus mengalami penutupan pada Jumat (3/9/2021).

Akibat penghentian operasional ini, maka sekitar 1,7 juta barel minyak dan 1,99 miliar kaki kubik output gas alam tidak bisa diproduksi.

Halaman:


Sumber REUTERS
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.