Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Pastikan Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu Selesai Akhir September

Kompas.com - 03/09/2021, 21:00 WIB
Aam Aminullah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan pembebasan lahan mega proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) selesai akhir September 2021.

Dari total panjang jalan tol 60,1 kilometer, saat ini sudah lebih dari 70 persen lahan yang telah dibebaskan.

Basuki menuturkan, dari total 70 persen lahan yang telah dibebaskan ini, sudah 90 persen lebih, Surat Perintah Pembayaran (SPP)-nya masuk ke Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

"Progresnya sudah bagus ya. Saya harap, pada September ini proses pembebasan lahan untuk Tol Cisumdawu ini sudah harus selesai," ujar Basuki saat kunjungan kerja ke Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengetahuan (Puslitbang) Kementerian PUPR, di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jumat (3/9/2021).

Baca juga: Dua Jalan Tol Ini Diapresiasi Basuki, Berkualitas Baik dan Rapi

Basuki menuturkan, sisa 10 persen pembebasan lahan saat ini juga masih dalam proses dan terus dipercepat.

Dengan progres ini, ia optimistis pembebasan lahan secara keseluruhan dapat diselesaikan pada akhir September 2021.

"Tinggal menunggu (pembayaran), akhir Semptember ini selesai," kata Basuki.

Untuk diketahui, Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Dari enam seksi, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut.

Kemudian Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dengan nilai investasi Rp 8,41 triliun.

Baca juga: Ganti Rugi Lahan Tol Cisumdawu Terbesar Selama Pandemi, Habiskan Rp 2,14 Triliun

Seksi I Cileunyi-Rancakalong dirancang sepanjang 11,45 Kilometer, Seksi II Rancakalong-Sumedang sepanjang 17,05 kilometer, dan Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka sepanjang 4,05 kilometer.

Kemudian Seksi 4 Cimalaka-Legok membentang 8,20 kilometer, Seksi 5 Legok-Ujungjaya sepanjang 14,9 kilometer, dan Seksi 6 Ujungjaya-Dawuan sepanjang 6,06 kilometer.

Dengan beroperasinya seluruh ruas Jalan Tol Cisumdawu dan nantinya terhubung dengan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati akan mengurangi waktu tempuh dari Bandung sekitar 3 jam menjadi 1 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com