Kompas.com - 03/09/2021, 13:00 WIB
Bendungan Way Sekampung di Lampung. Dok. PT PP (Persero) Tbk.Bendungan Way Sekampung di Lampung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Bendungan Way Sekampung tak hanya berfungsi sebagai sumber air baku dan irigasi, melainkan juga dapat dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) dengan daya 5,4 megawatt (MW).

Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk Novel Arsyad mengatakan hal ini dalam siaran pers, Jumat (03/09/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak hanya membantu dan mendukung infrastruktur sumber daya air (SDA), Bendungan Way Sekampung juga dapat berfungsi sebaga PLTM berdaya 5,4 MW," terangnya.

Adanya bendungan ini juga bermanfaat sebagai wisata air dan pelestarian lingkungan di wilayah Kabupaten Pringsewu dan sekitarnya.

Dengan begitu, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekitar dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Novel mengungkapkan, pembangunan Bendungan Way Sekampung tidak dihentikan selama masa Pandemi Covid-19.

Baca juga: Bendungan Rp 1,78 Triliun Ini Diklaim Tingkatkan Intensitas Tanam Jadi Tiga Kali Setahun

Ini dilakukan demi menjaga target penyelesaian proyek PSN serta menjaga kesinambungan roda perekonomian Indonesia.

Menurutnya, perseroan sangat bangga telah diberi kepercayaan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun bendungan tersebut dan menyelesaikannya tepat waktu. 

"PP berharap dapat terus berpartisipasi dan diberikan kepercayaan oleh Pemerintah untuk mengerjakan proyek infrastruktur, terutama PSN di seluruh penjuru Indonesia," tutur Novel.

Terkait fungsinya sebagai PLTM, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tengah menindaklanjuti hal itu kepada PT PLN (Persero).

"Kementerian BUMN akan menindaklanjuti keberadaan Bendungan Way Sekampung melalui PLN untuk menyalurkan 5,4 megawatt untuk menerangi listrik rumah tangga dan dunia usaha dan industri di Sumbagsel," ucap Erick dikutip dari laman Instagram resminya @erickthohir, Jumat (03/09/2021).

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bendungan Way Sekampung, Kamis (02/09/2021).

Bendungan ini dibangun dengan anggaran sebesar Rp 1,78 triliun oleh empat kontraktor yakni PP, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, serta PT Ashfri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.