Kompas.com - 02/09/2021, 07:00 WIB
Ilustrasi. shutterstock Ilustrasi.

Jakarta, Kompas.com - Rumah KPR bersubsidi merupakan solusi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ingin memiliki hunian sendiri.

Meskipun demikian, saat membelinya, Anda harus mengetahui apakah bisa mendapatkan rumah berkualitas.

Salah satu caranya dengan menelusuri rekam jejak pengembang yang membangun perumahan subsidi tersebut. Seperti tipe rumah yang mereka bangun hingga persediaan stok rumah.

Melakukan penelusuran tentu memakan waktu lama. Nah, untuk mempersingkatnya, Anda bisa berselancar di situs dan aplikasi SiKumbang.

Baca juga: Mengenal SiPetruk, SiKasep dan SiKumbang, Aplikasi Perumahan Subsidi

Situs ini dikembangkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang berisi data dan informasi tentang kumpulan pengembang, dan peta perumahan KPR subsidi dari pemerintah.

Untuk mengakses informasi tersebut, Anda bisa membuka laman https://sikumbang.ppdpp.id/. Kemudian, masukan kata kunci di kolom pencarian sesuai dengan apa yang ingin Anda ketahui.

Misalnya, apa saja pilihan rumah subsidi di wilayah A. Anda bahkan bisa meminta data sesuai jenis rumah dan asosiasi pengembang yang diinginkan.

Kemudian, akan muncul data supply dan demand secara real time, mulai dari data terkait lokasi perumahan, jumlah pengembang, jumlah unit subsidi, jumlah unit komersial dan berapa unit rumah yang sudah terjual.

Deretan pilihan rumah sesuai dengan data yang Anda masukkan pun akan muncul. Setiap kompleks perumahan tersebut telah dilengkapi dengan foto lokasi, tipe rumah serta site plan digital.

Baca juga: Dengan SiKasep, Pemerintah Jamin Tak Ada Lagi Konsumen Tertipu Pengembang Bodong

Lewat site plan digital ini, calon pembeli bisa mengetahui di mana posisi rumah yang tersisa sehingga bisa memudahkan dalam proses pemilihan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.