MRT Jakarta Berduet JIEP, Bangun Depo dan TOD Kawasan Industri Pulo Gadung

Kompas.com - 01/09/2021, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) berencana mengembangkan kawasan berorientasi transit atau Transit Oriented Development(TOD) di Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Selain itu, kedua perusahaan ini juga menjajaki kerja sama pembangunan Depo MRT Jakarta.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar mengatakan, pembangunan Depo MRT Jakarta dan TOD menjadi bagian dari rencana pembangunan MRT Fase III yaitu rute Kalideres-Ujung Menteng.

“Ini merupakan salah satu hal yang perlu kami tuntaskan dalam pembangunan Fase III MRT Jakarta melalui berbagai langkah konkret yang bisa kita kerjakan bersama, dan kami sepakat untuk dilakukan penandatanganan MOU ini demi pemanfaatan dan pengembangan kawasan," kata William dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Rabu (1/9/2021).

Baca juga: Ini Rincian Progres Pengembangan Empat Fasilitas TOD MRT Jakarta

Pembangunan Depo dan TOD MRT Jakarta merupakan upaya mewujudkan sistem transportasi terintegrasi di Kawasan Industri Pulo Gadung.

William menambahkan, kerja sama ini bertujuan untuk menjajaki kesempatan terkait penyediaan sebagian maupun seluruh lahan untuk pembangunan salah satu Depo MRT Jakarta, khususnya Jalur Timur-Barat koridor Kalideres-Ujung Menteng.

"Termasuk pengembangan kawasan berorientasi transit di sejumlah area dan lahan yang berada di dalam Kawasan Industri Pulo Gadung," jelasnya. 

Menurut William, hadirnya Depo dan TOD MRT Jakarta di Kawasan Industri Pulo Gadung diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi di kawasan tersebut.

"Pada pembangunan Fase 1 lalu, kami telah membuktikan bahwa melalui kehadiran
MRT Jakarta terjadi peningkatan nilai kawasan yang menciptakan multiplier effect bukan hanya secara pengembangan ekonomi dari sebuah kawasan tapi juga manfaat lain yang bisa dirasakan oleh pemerintah maupun masyarakat," tutur dia.

Baca juga: Masuk Finalisasi Desain, Konstruksi TOD Dukuh Atas Dimulai Oktober

Hal senada dikatakan Direktur Utama PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung Landi R  Mangaweang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.