Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabu 1 September, Gerbang Tol Cileunyi Baru Resmi Beroperasi

Kompas.com - 31/08/2021, 18:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) akan mengoperasikan Gerbang Tol (GT) Cileunyi Baru mulai Rabu, 1 September 2021.

Pengoperasian GT Cileunyi Baru ini sehubungan dengan masih dilakukannya penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang terintegrasi dengan Jalan Tol Padaleunyi.

"Kami akan segera mengoperasikan GT Cileunyi baru untuk gardu masuk (entrance), mulai Rabu 1 September 2021," kata General Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Thomas Dwiatmanto dalam keterangan tertulis, Selasa (31/08/2021).

Baca juga: Dua Jalan Tol Ini Diapresiasi Basuki, Berkualitas Baik dan Rapi

Thomas menjelaskan, sebelumnya lalu lintas menuju akses masuk (on ramp) GT Cileunyi arah Jakarta dilakukan pengalihan lalu lintas melalui Simpang Susun (SS) Cileunyi.

Karenanya mulai Besok (01/09/2021) pukul 00.00 WIB, transaksi entrance yang sebelumnya berada di GT eksisting akan dipindahkan ke GT baru yang ada di atas SS Cileunyi.

"GT Cileunyi baru ini mengoperasikan 8 Gardu Tol Otomatis (GTO) Multi pada tahap awal," jelasnya.

Dengan dioperasikannya GT Cileunyi baru ini, kendaraan dari jalan nasional (arteri) arah Garut menuju ke Jakarta melalui GT Cileunyi diarahkan melalui lajur baru SS Cileunyi, selanjutnya akan melakukan transaksi di GT Cileunyi baru.

Sementara itu, kendaraan dari arah Jakarta menuju Cileunyi dan sekitarnya yang keluar melalui GT Cileunyi akan tetap menggunakan GT Cileunyi sementara dengan total 12 gardu terdiri dari dua GTO single, empat GTO multi dan enam gardu pintu tol miring/Oblique Approach Booth (OAB).

"Dengan dioperasikannya gerbang baru ini, pengguna jalan dari arteri yang menuju Jakarta akan mengarah ke simpang susun dulu, kemudian melakukan transaksi di gerbang baru tersebut. Sedangkan yang arah sebaliknya atau yang keluar ke Cileunyi akan tetap melakukan transaksi di GT Cileunyi yang digunakan saat ini," tutur Thomas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com