Kompas.com - 30/08/2021, 17:38 WIB
Gambar bentuk Tower Penajam disandingkan dengan Tugu Monas yang diunggah Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud di Instagram. Dok. Antaranews/Instagram.com/AbdulgafurmasudGambar bentuk Tower Penajam disandingkan dengan Tugu Monas yang diunggah Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud di Instagram.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara berencana membangun Tower Penajam dengan perkiraan anggaran sebesar Rp 150 miliar.

Tinggi tower di ibu kota negara (IKN) baru ini digadang-gadang akan mengalahkan Monumen Nasional (Monas) yang berada di Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tower Penajam rencanya dibangun setinggi 150 meter atau lebih tinggi 18 meter ketimbang Monas yang menjulang 132 meter.

Namun demikian, pembangunan Tower Penajam yang menelan anggaran ratusan miliar rupiah itu menjadi sorotan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara Jon Kenedi mengatakan hal ini dikutip dari Antara, Senin (30/08/2021).

"Pembangunan tower adalah kewenangan Pemkab, tapi dengan kondisi keuangan saat ini diutamakan yang bersifat prioritas," ujar Jon.

Baca juga: Ini Tantangan Utama Dirikan Nagara Rimba Nusa di IKN Baru

Maka dari itu, menurut dia, Pemkab harus berfokus pada kegiatan yang dapat dilaksanakan sesuai ketersediaan anggaran di kas daerah.

Jon mengatakan, pembangunan Tower Penajam ini masih dalam tahap rencana. Sehingga, Pemkab Penajam Paser Utara harus melihat kondisi keuangan yang tersedia. 

"Kalau anggaran tidak memadai jangan dipaksakan, karena masih membutuhkan dana untuk membiayai kegiatan lainnya yang prioritas," tambahnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Penajam Paser Utara Edi Hasmoro pembangunan Tower Penajam tersebut dibiayai dengan skema anggaran tahun jamak (multi-years contract).

Rencananya, Tower Panajam dibangun tepatnya berada di kawasan Stadion Penajam atau di kilometer 9 Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam.

Pengumuman Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Penajam Paser Utara menyebutkan, rencana pembangunan dianggarkan pada tahun 2021.

Dalam Harga Perkiraan sendiri (HPS) lelang paket, kegiatan perencanaan pembangunan Tower Penajam dianggarkan sekitar Rp 3,7 miliar, dan lelang dimenangkan PT Pandu Perkasa dengan nilai sekitar Rp 2,9 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BRANDA
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.